Jarang Diperhatikan, Ini Ciri Per Kampas Ganda di Motor Matic Mulai Lemah

Jarang Diperhatikan, Ini Ciri Per Kampas Ganda di Motor Matic Mulai Lemah
Kamis, 29 Desember 2022 19:10
Ruslan Abdul Gani

Pada motor matic terdapat komponen CVT untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Komponen ini wajib diperhatikan supaya tenaga motor dapat tersalurkan dengan baik.

CVT pada motor matic kinerjanya didukung oleh beberapa komponen, salah satunya per kampas ganda atau per sentrifugal. Seiring pemakaian, per ini juga bisa mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana cirinya?

   Baca Juga: Tips Detailing Motor Listrik, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Per Kampas Ganda Motor Matic

Faiz selaku Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat menjelaskan ada beberapa ciri atau cara mendeteksi per kampas ganda yang mulai melemah. "Salah satu caranya bisa dengan melihat putaran roda saat motor posisi idle atau langsam," ujar Faiz kepada OtoRider.

Hal tersebut dengan cara motor distandar tengah, kemudian mesin dihidupkan dalam posisi idle atau langsam, lalu dilihat putaran rodanya. "Kalau putaran roda terlalu kencang memutar, tandanya per kampas ganda mulai melemah," ucap Faiz.

Per Kampas Ganda Motor Matic

Lebih lanjut, Faiz menambahkan hal itu disebabkan karena kampas ganda sudah mulai terbuka sedikit. "Per lemah akibatnya kampas ganda menempel sedikit pada mangkoknya dan roda jadi ikut berputar padahal motor belum digas," tambahnya.

   Baca Juga: Tidak Terlalu Mahal, Segini Biaya Ganti TPS di Motor Injeksi Honda

Selain itu, tanda lainnya motor akan terasa gredek atau bergetar saat tarikan awal. "Tarikan awal juga biasanya jadi gredek atau getar kalau per sudah mulai lemah," jelasnya.

Jika sudah mengalami hal tersebut, Faiz menyarankan untuk menggantinya. Karena jika dibiarkan akan merusak komponen lain. "Lebih baik segera diganti sebelum merusak komponen lain, terutama mangkoknya," kata Faiz. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.