Jangan Disepelekan! Ini Efek Negatif Biarkan Per Kampas Ganda Lemah di Motor Matic

Jangan Disepelekan! Ini Efek Negatif Biarkan Per Kampas Ganda Lemah di Motor Matic
Kamis, 29 Desember 2022 20:00
Ruslan Abdul Gani

Pada CVT motor matic terdapat komponen per kampas ganda atau sentrifugal. Per kampas ganda juga punya batas usia pemakaian. Jika sudah mulai lemah, sebaiknya segera diganti.

Ciri per kampas ganda sudah mulai lemah itu bisa dilihat dari putaran roda saat mesin dihidupkan. "Salah satu caranya bisa dengan melihat putaran roda saat motor posisi idle atau langsam. Jika roda berputar terlalu kencang, itu tandanya per sudah lemah," ujar Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Sistem Kerja TPS di Motor Injeksi

Per Kampas Ganda Motor Matic

Kondisi per kampas ganda yang sudah lemah sebaiknya segera diganti, karena banyak efek negatifnya jika dibiarkan. "Jika per kampas ganda lemah dibiarkan, efeknya bisa merusak mangkok kampas akan cepat terkikis dan juga gosong," ucap Faiz kepada OtoRider.

Faiz menjelaskan mangkok kampas ganda bisa terkikis karena kampas ganda sudah menekan sebelum waktunya. "Per yang lemah tidak mampu menarik posisi kampas ganda ke semula. Jadi kampas agak sedikit menempel ke mangkok ganda, padahal motor belum digas," jelasnya.

Per Kampas Ganda Motor Matic

Selain itu, per kampas ganda yang lemah bisa juga membahayakan pengendaranya. "Kalau sudah parah, saat di-starter motor bisa maju, padahal gas belum dipelintir. Itu akibat dari kampas ganda yang menempel ke mangkoknya," terangnya.

   Baca Juga: Jangan Tergiur Harga Murah! Ini Cara Bedakan Busi Asli dan Palsu

Kemudian, efek negatif dari per kampas ganda lemah juga bisa mengurangi performa motor. "Tarikan motor juga akan terasa berat jika per kampas gandanya sudah mulai lemah," bebernya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.