Kampas Rem Sering Habis Tidak Rata, Penyebabnya Bisa Dari Komponen Lain

Kampas Rem Sering Habis Tidak Rata, Penyebabnya Bisa Dari Komponen Lain

 

Kampas rem motor merupakan komponen penunjang sistem pengereman agar dapat bekerja. Komponen ini tentu harus selalu dijaga dan diperhatikan kondisinya. Selain itu, kampas rem dianjurkan untuk diganti secara berkala jika sudah terlihat habis atau timbul suara gesekan dari kaliper.

Salah satu hal yang sering membuat pemilik motor bingung ialah penyebab kampas rem yang habisnya tidak rata atau hanya termakan sebelah. Kondisi ini tentunya menandakan adanya masalah pada sepeda motor. Lantas, apa sih penyebabnya?

Yudi Hendrito selaku Servis Advisor AHASS Artha Sentra Oto Cibubur menjelaskan kampas rem habisnya tidak rata salah satunya disebabkan oleh penumpukan kotoran di bagian kaliper.

“Kotoran yang menumpuk di bagian kaliper bisa bikin kinerja rem enggak maksimal, biasanya salah satu pistonnya macet. Kalau hanya satu piston yang mendorong kampas rem pastinya akan bikin kampas rem habisnya tidak rata," ucap Yudi saat disambangi OtoRider.

Kampas Rem Honda

Penyebabnya timbul tidak hanya dari piston macet, namun ada faktor lain yang ikut serta. "Selain dari piston, biasanya bisa juga dari kondisi bracket atau dudukan kaliper yang macet," ujar Yudi.

Selain itu, Yudi menjelaskan penyebab kampas rem habisnya tidak rata bisa juga ditimbulkan dari komponen lain. ”Bukan hanya dari sistem pengereman, penyebabnya bisa dari suspensi. Kondisi shock breaker kinerjanya enggak rata, misalnya yang kanan lebih empuk dari kiri," jelasnya.

Lebih lanjut, Yudi menyarankan kaliper harus dibersihkan secara berkala, terutama saat penggantian kampas rem. ”Bersihkan di sekitar bagian piston menggunakan sabun.  Selain itu bersihkan juga dudukan atau bracket kaliper, setelah kering jangan lupa diberi gemuk atau grease lagi," sarannya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id