Rem Motor Timbul Suara Berdecit, Ternyata Ini Penyebabnya

Rem Motor Timbul Suara Berdecit, Ternyata Ini Penyebabnya

 

Sistem pengereman pada motor tentunya harus selalu dijaga kondisinya agar tetap aman dan nyaman saat dikendarai. Salah satu indikasi rem motor sudah kurang prima bisa ditandai dengan munculnya suara berdecit, apalagi ketika musim hujan.

Suara berdecit tersebut memang tidak terlalu berpengaruh pada sistem pengereman. Namun, suaranya sangat mengganggu aktivitas berkendara. Tidak hanya pemilik motor, pengguna jalan lain pun tentunya akan ikut terganggu.

   Baca Juga: Daftar Harga Sparepart Fast Moving Honda CB150X, Mulai Rp 8 Ribuan

Lantas, apa penyebabnya? Yudi Hendrito selaku Service Advisor AHASS Artha Sentra Oto Cibubur mengatakan rem yang mengeluarkan bunyi berdecit disebabkan oleh kondisi kampas rem yang kotor.

“Biasanya kondisi kampas rem yang kotor menjadi penyebab timbul suara berdecit. Kotoran pada kampas rem itu sumbernya dari debu kampas rem itu sendiri, efek setelah dipakai,” ucap Yudi saat ditemui OtoRider.

kampas rem

Bunyi berdecit lebih sering terjadi pada sistem rem tromol. Pasalnya kotoran kampas rem dan debu jalanan terperangkap di dalam komponen tromol.

   Baca Juga: GALERI: Honda CB300R Neo Sports Cafe 2022

“Cara untuk menghilangkan bunyi berdecit sebenarnya mudah, cukup dibongkar lalu dibersihkan kampas remnya. Tahapan pertama dibersihkan mengunakan air dan sabun dan tidak lupa diamplas bagian kampas remnya,” ujarnya.

Yudi menambahkan, fungsi dari membersihkan dengan sabun dan amplas adalah untuk mengangkat kotoran yang menutupi pori-pori kampas rem. Jika kotoran sudah hilang tentunya daya cengkram kampas rem akan kembali seperti semula.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id