Kunci Kontak Motor Cepat Kendur? Begini Cara Mencegahnya

Kunci Kontak Motor Cepat Kendur? Begini Cara Mencegahnya

 

Lubang kunci yang masih baik jika dalam posisi ON, maka kunci tidak bisa dicabut. Namun, jika sudah kendur atau dol, saat posisi ON kunci dapat dicabut dan mesin menyala tanpa kunci tertancap di lubang kunci. 

Masalah kunci kontak kendur atau dol tersebut memang bikin repot, apalagi kalau sampai kunci lepas di jalan. Akibatnya, pasti akan bingung bagaimana cara mematikan motornya.

   Baca Juga: Awas! Hal Ini Bisa Bikin Kunci Kontak Motor Macet Saat Musim Hujan

Kunci Kontak Kendur atau Dol

Supaya tidak mengalami kunci kontak kendur atau dol, ada beberapa cara untuk mencegahnya. “Kalau kunci kontaknya yang sudah ada penutupnya, sebaiknya tutup lubang kunci apabila motor sedang tidak digunakan atau saat cuci motor," ujar Ian, pemilik Tian Kunci saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Menutup lubang kunci itu tujuannya untuk mencegah air dan debu masuk ke dalam lubang di rumah kunci motor. "Kalau air atau debu dibiarkan masuk ke lubang kunci, efeknya bisa bikin kunci seret bahkan macet," ucap Ian.

Penyebab Kunci Kontak Kendur atau Dol

Lebih lanjut, Ian menjelaskan pada saat kondisi kunci seret atau macet biasanya banyak pemilik motor yang memaksa untuk memutarnya. "Kalau dipaksa lama-kelamaan kunci akan terkikis dan menjadi longgar," jelasnya.

   Baca Juga: Tips Perawatan Dashboard Setelah Pemakaian Diton Dashboard Coating

Kemudian, bagi yang senang pakai gantungan kunci, sebaiknya jangan pakai yang barat. "Pakai gantungan yang ringan saja seperti tali atau yang ringan lainnya," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id