Kunci Motor Jenis Immobilizer Masih Bisa Dibobol Maling?

Kunci Motor Jenis Immobilizer Masih Bisa Dibobol Maling?

 

Saat ini memang masih belum banyak jenis motor yang dibekali dengan kunci immobilizer. Kunci jenis tersebut sudah ada di beberapa moge dan Vespa. Teknologi itu memang umumnya sering ditemukan di mobil dan lebih aman dari maling, apakah benar?

Ian selaku Pemilik Tian Kunci menjelaskan memang benar kunci jenis immobilizer lebih aman dan tidak mudah dibobol maling. "Pada kunci jenis immobilizer ini terdapat chip di dalamnya. Jadi, tidak akan bisa untuk menghidupkan mesinnya tanpa adanya chip tersebut," ujar Ian saat ditemui OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Kunci Kontak Motor Cepat Kendur? Begini Cara Mencegahnya

Kunci Vespa Immobilizer

Sistem kerja kunci immobilizer mengandalkan frekuensi antara chip di anak kunci dan rumah kunci. "Jika frekuensi chip di anak kunci dan rumah kunci sama, modul immobilizer akan membaca serta memberikan sinyal ke ECU. Setelah itu, ketika kunci diputar ke posisi on dan motor di-starter, mesin bisa langsung menyala," ucap Ian.

Ian menjelaskan memang kalau dilihat kunci kontak immobilizer masih bisa dibobol rumah kuncinya karena posisi yang terbuka. "Maling memang masih bisa membobol kunci stangnya dan menyalakan speedometer serta instrumen lainnya, tapi mesin tidak bakal bisa nyala," jelasnya.

   Baca Juga: 4 Bagian Motor yang Perlu Diperiksa Saat Berkendara di Musim Hujan

Mesin motor sendiri tidak akan bisa menyala tanpa adanya chip di anak kunci. "Tidak ada chip maka ECU tidak menerima sinyal dari modul immobilizer, otomatis mesin tidak bakal nyala," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id