4 Bagian Motor yang Perlu Diperiksa Saat Berkendara di Musim Hujan

4 Bagian Motor yang Perlu Diperiksa Saat Berkendara di Musim Hujan

 

Musim hujan telah memasuki sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Jakarta. Pengecekan serta perawatan ekstra perlu dilakukan oleh pengendara motor saat beraktivitas di musim hujan. Hal ini tentunya diperlukan agar kegiatan berkendara tetap aman dan nyaman.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) membagikan beberapa tips berkendara di musim hujan. Setidaknya terdapat empat bagian motor yang memerlukan pengecekan sebelum berkendara.

   Baca Juga: Alex Marquez: Marc Terlahir Sebagai Pemenang

Tips yang pertama adalah periksa tekanan angin ban depan dan belakang secara berkala, minimal 1 atau 2 minggu sekali. Ini dikarenakan potensi berkurangnya tekanan angin akan terjadi akibat suhu yang dingin.

Berkendara Musim Hujan

Selanjutnya, cek alur atau kembang ban dari keausan dengan melihat tanda di bagian tengah alur ban. Umumnya terdapat tonjolan di beberapa bagian bertanda Δ yang tertera di samping ban. Tips ketiga adalah periksa semua fungsi sistem penerangan, baik depan maupun belakang. Pastikan berfungsi dengan baik.

   Baca Juga: Bersiap! Street Race Bakal Digelar Kembali Awal 2023 di Kemayoran

Terakhir, periksa kondisi fisik lampu dari potensi adanya retakan dan juga buram karena akan memengaruhi cahaya dari lampu tersebut. Selain itu, gunakan riding gear serta jas hujan yang sesuai standar keselamatan berkendara.

"Selain harus memperhatikan kondisi dari masing masing komponen sepeda motor, yang tidak kalah pentingnya adalah keselamatan kita sebagai pengendara harus menjadi perhatian khusus saat berkendara mulai dari kondisi fisik, perlengkapan berkendara, hingga gaya berkendara," ucap Ade Rohman.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id