Lebih Mahal Ganti Remote Keyless Motor di Bengkel Resmi atau Toko Kunci?

Lebih Mahal Ganti Remote Keyless Motor di Bengkel Resmi atau Toko Kunci?
Minggu, 18 Desember 2022 14:30
Afrizal Abdul Rahman

Remote keyless menjadi komponen penting pada motor yang tak boleh hilang. Sebab, biaya menggantinya di bengkel resmi tergolong mahal, apalagi jika kode yang ada hilang.

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok mengatakan untuk mengganti remote keyless yang kodenya turut hilang membutuhkan biaya tak sedikit.

   Baca Juga: Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?

"Kalau biaya yang dikeluarkan itu mahal karena harus ganti ECU remote dan knop motor. Untuk ECU Rp1,8 juta, knop Rp750 ribu, dan remote Rp600 ribu," katanya kepada OtoRider baru-baru ini.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Ternyata remote dengan kode yang hilang juga bisa diduplikat di beberapa toko kunci. Salah satunya di Tian Kunci yang berlokasi di Cilodong, Depok, Jawa Barat. Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan?

   Baca Juga: Remote Keyless Motor Hilang? Duplikat Saja, Segini Biayanya

"Jadi, cukup beli remote keyless-nya saja, nanti tinggal menyambungkan frekuensi antara remote keyless dengan SCU melalui alat khusus," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci.

Ian mengatakan bagi yang kodenya sudah hilang akan membutuhkan biaya lebih besar ketimbang yang masih ada. "Kalau yang masih ada untuk motor Yamaha Aerox dan NMax sekitar Rp550 ribu. Tapi kalau sudah hilang kodenya bisa sampai Rp1,5 juta untuk semua tipe motor, karena pekerjaanya lebih sulit dan menggunakan alat khusus," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.