Mangkok Kampas Ganda Motor Matic Dilubangi, Masih Perlu Servis CVT?

Mangkok Kampas Ganda Motor Matic Dilubangi, Masih Perlu Servis CVT?
Minggu, 11 September 2022 16:30
Ruslan Abdul Gani

Efek dari melubangi mangkok kampas ganda CVT pada motor matic ialah bisa membuang kotoran sisa pemakaian kampas. Kotoran yang berbentuk debu tersebut terbuang melalui lubang yang dibuat dan keluar saat mangkok kampas ganda berputar. Dengan begitu, kondisi mangkok ganda akan tetap bersih. Lalu, apakah masih perlu dilakukan servis CVT secara berkala?

Ivan selaku pemilik YR Custom yang merupakan bengkel spesialis CVT motor matic menjelaskan, setelah melubangi mangkok kampas ganda tetap harus melakukan servis CVT secara berkala.

   Baca Juga: Tips Posisi Berkendara Motor Bagi Pemula, Simak 7 Hal Ini!

“Servis CVT masih perlu dilakukan secara berkala. Namun, jangka waktunya memang bisa lebih lama sedikit, dibanding standar. Biasanya servis CVT dilakukan setiap 3.000 km, bisa dilakukan saat 4.000 km,” ucap Ivan saat ditemui OtoRider di kawasan Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

Ini Waktu Yang Tepat Servis CVT Motor Matic

   Baca Juga: Ragam Pilihan Aksesori Aprilia Tuareg 660, Ada Apa Saja?

Ivan menjelaskan CVT terdiri dari banyak komponen, bukan cuma bagian mangkok dan kampas ganda saja. Jadi, yang lain juga perlu diperhatikan. “Komponen lain seperti kondisi V-belt masih bagus atau tidak perlu dicek, kondisi roller, pulley, dan komponen lainnya yang menunjang kinerja CVT,” jelas Ivan.

Setiap pabrikan pun sudah memberikan jadwal pengecekan dan juga servis berkala untuk bagian CVT. Misal, V-belt umumnya dianjurkan diganti pada saat pemakaian 12.000 km – 15.000 km.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.