Tips Posisi Berkendara Motor Bagi Pemula, Simak 7 Hal Ini!

Tips Posisi Berkendara Motor Bagi Pemula, Simak 7 Hal Ini!

 

Berkendara motor di jalan tentunya perlu didukung teknik yang benar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara serta meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan. Salah satu teknik yang perlu diperhatikan adalah posisi berkendara, khususnya bagi para pemula.

Herwin Sinaga selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah membagikan tips posisi berkendara yang ideal. Setidaknya terdapat tujuh hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara pemula. Nah, apa saja itu?

   Baca Juga: Mesin Mirip, Ini Beda Tenaga Aprilia Tuareg 660, RS 660, dan Tuono 660

Herwin mengungkapkan hal pertama adalah pandangan luas ke depan guna melihat situasi yang akan digunakan untuk melakukan tindakan selanjutnya. Kemudian, bahu rileks serta hindari terlalu tegap dan tegang. Lalu, posisi tangan santai dan siku membentuk sudut seperti memeluk sebuah bola besar.

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

Keempat, telapak tangan memegang handle dengan rileks. Selanjutnya, posisi duduk disesuaikan dengan tinggi badan. Hindari terlalu tegap atau lurus, karena akan membuat tubuh mudah lelah.

   Baca Juga: September 2022, Ini Harga Baru Honda PCX 160 dan PCX e:HEV

Tips keenam yakni lutut menjepit atau mendekap tangki untuk motor sport. Sedangkan, pada motor matic posisi kaki atau lutut di dalam area bodi motor. Hindari kaki terbuka karena akan mengurangi keseimbangan dan berpotensi terkena kendaraan lain saat kondisi macet. Terakhir, posisi telapak kaki lurus ke depan. Ini memudahkan dalam melakukan pengereman dan juga perpindahan gigi transmisi, khususnya untuk motor sport dan bebek.

"Tentunya untuk keselamatan berkendara di jalanan, pengendara pemula membutuhkan sejumlah panduan seperti yang kali ini diberikan oleh Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah. Jangan lupa pakai safety gear yang lengkap dan patuhi peraturan lalu lintas," ucap Herwin.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id