Mengapa Motor Habis Menerjang Banjir Harus Langsung Ganti Oli?

Mengapa Motor Habis Menerjang Banjir Harus Langsung Ganti Oli?
Selasa, 25 Oktober 2022 09:05
Ruslan Abdul Gani

Intensitas hujan yang deras terkadang menyebabkan beberapa ruas jalan mengalami banjir. Meski demikian, mobilitas harian harus tetap dilakukan, makanya banyak pengendara motor yang rela menerobos banjir.

Namun, setelah menerobos banjir banyak mekanik yang menyarankan sebaiknya langsung ganti oli mesin dan gardan jika motornya matic. Hal itu disebabkan karena motor yang habis melewati banjir berpeluang besar masuk air ke dalam mesin dan tercampur dengan oli.

   Baca Juga: Motor Habis Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

oli campur air

Fajri, Mekanik dari Bellissimo Indonesia menjelaskan jika ketinggian banjirnya tidak terlalu parah sebetulnya boleh saja tidak ganti oli. Akan tetapi, untuk meminimalisir kerusakan pada mesin, sebaiknya lakukan penggantian oli. "Apalagi untuk motor matic yang paling sering kemasukan air banjir itu pada bagian gearbox CVT, makanya sebaiknya ganti oli gardanya jika habis terjang banjir," ujar Fajri kepada OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

Jika oli terlanjur tercampur dengan air, efeknya bisa membuat mesin tidak sehat. Jika dibiarkan lama tidak mengganti oli, komponen yang ada di dalam mesin bisa rontok. Sehingga, biaya yang dikeluarkan malah makin besar. "Lebih baik keluar uang ratusan ribu untuk ganti oli mesin daripada komponen mesin yang rusak biayanya pasti lebih mahal," jelas Fajri.

Ilustrasi mengganti oli

   Baca Juga: Motor Matic Terasa Slip Usai Terjang Banjir? Ini Solusinya

Bagi para pemilik motor yang bisa ganti oli sendiri, pastikan dilakukan dengan benar. Buang oli lama dan lakukan pembilasan agar oli yang sebelumnya tercampur dengan air bisa hilang dari mesin. "Oli lama dikeluarkan, kemudian tuangkan oli baru sesuai jenis yang akan digunakan. Nyalakan mesin sebentar dan buang oli pembilas. Barulah tuang oli baru sebanyak yang ditentukan," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.