Motor Matic Terasa Slip Usai Terjang Banjir? Ini Solusinya

Motor Matic Terasa Slip Usai Terjang Banjir? Ini Solusinya
Jumat, 21 Oktober 2022 10:00
Ruslan Abdul Gani

Musim hujan telah memasuki sejumlah daerah di Indonesia. Tak jarang, curah hujan yang tinggi menyebabkan jalanan tergenang air atau bahkan banjir. Dalam kondisi tertentu, pengendara motor terpaksa menerjang banjir. Namun, pada saat menerobos banjir, motor berisiko tinggi mengalami masalah. Salah satunya terjadi di bagian CVT motor bertransmisi otomatis alias matic.

Umumnya yang dirasakan para pengguna skutik ketika habis menerjang banjir ialah saat gas diputar, motor bukannya maju melainkan malah suara mesin saja yang terdengar. "Gejala itu timbul dari area CVT yang mengalami slip, jangan khawatir," ucap Fajri, Mekanik Bellissimo Indonesia.

   Baca Juga: Ini Batas Ketinggian Air yang Bisa Diterobos Motor Matic Saat Banjir

Selang pembuangan air CVT

Masalah itu disebabkan oleh air yang masuk ke bagian dalam komponen CVT dan mengganggu kinerja pulley. Jadi, kinerja pulley saat mentransfer tenaga dari mesin ke roda terganggu, akibat adanya air.

Cara untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bawa motor ke tempat yang aman dari banjir terlebih dahulu. "Setelah dapat tempat yang kering, buang air yang ada dalam bak di CVT," jelas Fajri kepada OtoRider di Kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Ini Waktu Yang Tepat Servis CVT Motor Matic

Untuk membuang air yang ada di CVT cukup mudah, tidak perlu membuka baknya. "Cukup membuka selang pembuangan yang berwarna bening, biasanya saluran ini posisinya berada di bawah CVT, hampir di semua motor matic ada," terangnya.

Setelah dirasa airnya sudah keluar semua, putar gas sambil mesin dihidupkan untuk meyakinkan komponen CVT sudah kering atau belum, "Kalau sudah kering pasti roda akan berputar normal kembali," lanjutnya.

   Baca Juga: Tips Aman Berkendara Motor Saat Terpaksa Melewati Banjir

Meski sudah normal, Fajri menyarankan sebaiknya setelah itu langsung dilakukan pengecekan di area CVT dan juga lihat kondisi oli gardannya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.