Kenali Bedanya Kampas Rem Aftermarket Murah dan Orisinal di Motor

Kenali Bedanya Kampas Rem Aftermarket Murah dan Orisinal di Motor
Senin, 24 Oktober 2022 21:35
Ruslan Abdul Gani

Kampas rem motor merupakan komponen penunjang sistem pengereman agar dapat bekerja optimal. Komponen ini tentu harus selalu dijaga dan diperhatikan kondisinya. Selain itu, kampas rem dianjurkan untuk diganti secara berkala jika sudah terlihat habis atau timbul suara gesekan dari kaliper.

Saat ini di pasaran ada beberapa jenis kampas rem yang dijual, mulai dari aftermarket harga murah hingga orisinal. Walaupun sekilas terlihat sama, apa saja yang membedakan keduanya?

   Baca Juga: Tips Cara Bawa Motor Agar Irit Bahan Bakar, Sudah Tahu?

Kampas Rem Honda

Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic menjelaskan bedanya kampas rem orisinal dan aftermarket yang murah terlihat dari kualitas bahan. "Untuk kampas rem murah biasanya bahannya agak keras atau bahkan lebih empuk ketimbang orisinalnya," ucap Adi Danu saat disambangi OtoRider beberapa waktu lalu.

Selain itu, performa dari kampas rem aftermarket murah tidak sebaik orisinal. "Dengan bahan kampas rem yang berbeda pastinya performanya lebih rendah dari yang asli, terkadang juga bunyi berdecit," ujar Danu.

Kondisi Rem Cakram Agak Macet Bisa Bikin Motor Boros Bensin

Danu menambahkan material bahan remnya juga keras, tidak seperti yang asli. "Memang kebanyakan kampas rem murah itu bahannya keras. Efeknya bisa membuat tipis piringan cakram," jelasnya.

   Baca Juga: Tips Aman Berkendara Motor Saat Terpaksa Melewati Banjir

Danu menyarankan sebaiknya pakai komponen kampas rem orisinal ketimbang aftermarket dengan harga yang lebih murah. "Saya sih menyarankan pakai komponen orisinal tapi terkadang ada pemilik motor yang ingin dengan harga terjangkau, bahkan bawa sparepart sendiri. Tetap saya pasang, tapi dijelaskan kekurangan dan efek negatifnya," kata Danu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.