Mengenal 3 Metode Tambal Ban Tubeless, Apa Saja?

Mengenal 3 Metode Tambal Ban Tubeless, Apa Saja?
Kamis, 20 Oktober 2022 15:15
Afrizal Abdul Rahman

Motor keluaran terbaru umumnya telah dilengkapi dengan ban tipe tubeless. Salah satu keunggulan dari ban tipe ini adalah tidak cepat kempis meskipun bocor.

Hal tersebut dikarenakan ban tubeless menggunakan lapisan fluid sealant yang berfungsi untuk mempertahankan kerapatan ban. Berbeda dengan ban biasa yang umumnya menggunakan inner tube (ban dalam). 

   Baca Juga: Oktober 2022, Honda ADV160 Promo Potong Cicilan 4 Kali

Namun, ketika terjadi kebocoran keduanya sama-sama harus ditambal. Selain metode tambal cacing, ternyata terdapat beberapa metode lain untuk mengatasi bocor pada ban tubeless. Lantas, apa saja metode lainnya?

Cacing 

Metode cacing kerap menjadi pilihan agar ban tubeless kembali normal karena tak memakan waktu lama serta tergolong murah.

Metode ini menggunakan cara ditusuk dengan memasukkan karet penambal agar dapat melekat dan tidak lagi membuat ban kempis.

New Honda Vario 125

Payung 

Metode kedua yaitu payung. Ban motor akan ditambal dengan bulatan karet pipih yang kemudian akan di-press pada ban. Pada metode ini ban harus dicopot, agar tekanan yang dipadu pemanasan dapat maksimal menutup kebocoran ban.

   Baca Juga: Rekomendasi Ban Motor Matic Ring 14 Harga Ekonomis

Tip top

Metode ketiga ini harus melepas pelek motor dan dilakukan pada bagian dalam ban. Nantinya, sudah ada press yang disediakan, namun berbeda dengan metode kedua karena tak menggunakan payung. 

Selain itu, metode ini juga bisa memperbaiki ban yang mengalami kebocoran pada bagian samping. "Biasanya minimal itu 3 cm bisa dilakukan metode Tip Top. Kalau sudah 5-6 cm itu harus jait lagi bannya agar sempurna," kata Abdul Malik, Service Advisor Rumah Ban Motor di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.