Biaya Hilangkan Gredek di Honda PCX 160, Tidak Sampai Rp 200 Ribuan

Biaya Hilangkan Gredek di Honda PCX 160, Tidak Sampai Rp 200 Ribuan
Kamis, 20 Oktober 2022 09:35
Ruslan Abdul Gani

Salah satu masalah yang sering timbul di motor matic ialah gejala gredek saat tarikan awal. Gejala gredek ini timbul dari bagian CVT bila usia motor sudah di atas satu tahun, apalagi jarang lakukan servis rutin. Masalah ini juga terjadi di Honda PCX 160. Lantas, apa penyebab dan berapa biaya perbaikannya?

Ivan selaku Pemilik YR Custom yang merupakan bengkel spesialis CVT menjelaskan memang masalah gredek ini timbul di berbagai motor matic, seperti Honda PCX 160 misalnya. Ia mengatakan hal itu umumnya disebabkan oleh bagian kampas ganda yang slip. "Kondisi mangkok ganda dan kampas yang slip ini yang menjadi penyebab motor matic timbul gejala gredek," ucap Ivan kepada OtoRider di Alternatif Cibubur, Bekasi, Jawa Barat.

   Baca Juga: Benarkah Kampas Ganda Pantekan Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic?

Apa Sih Karteling Mangkok Kampas Ganda

Biasanya untuk mengatasi hal tersebut, Ivan melakukan modifikasi pada bagian komponen CVT. "Untuk menghilangkan gejala gredek biasanya saya lakukan kartel serta melubangi bagian mangkok gandanya," ujar Ivan.

Kartel sendiri adalah membuat permukaan dalam mangkok ganda jadi berulir atau dibuat lebih kasar. Pola ulirnya pun beragam, bisa dibuat silang atau bergaris miring saja. Tujuan atau fungsi dari karteling mangkok kampas ganda ini ialah untuk meminimalisir gejala slip.

Fungsi Dari Melubangi Mangkok Kampas Ganda Motor Matik

Untuk biaya menghilangkan gredek di Honda PCX 160 cukup mengeluarkan Rp 145 ribu. "Biaya modifikasi mangkok ganda melubangi dan kartel itu biayanya Rp 120 ribu dan untuk ongkos bongkar pasang CVT itu hanya Rp 25 ribu saja," jelasnya.

   Baca Juga: Karteling Mangkok Kampas Ganda, Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic

Lebih lanjut, Ivan menjelaskan pada saat CVT dibongkar sudah sekalian dilakukan pembersihan."Saat dibongkar kita sekalian bersihkan debu-debu yang menempel menggunakan angin kompresor, atau jika ingin mengganti part lain di CVT juga tidak kena biaya tambahan lagi," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.