Mengenal Fungsi dan Sistem Kerja TPS di Motor Injeksi

Mengenal Fungsi dan Sistem Kerja TPS di Motor Injeksi
Minggu, 25 Desember 2022 11:00
Ruslan Abdul Gani

Pada motor bermesin injeksi, pasokan udara yang masuk ke dalam ruang bakar diatur oleh komponen bernama throttle body. Kinerja throttle body didukung oleh beberapa sensor, salah satunya TPS (Throttle Positon Sensor). Lalu, apa sih fungsi dari TPS yang ada di throttle body?

Faiz selaku Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic menjelaskan TPS pada motor injeksi befungsi untuk membaca seberapa besar bukaan katup atau koin yang ada di throttle body. "Koin yang ada di throttle body itu berfungsi mengatur banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar," ujar Faiz saat disambangi OtoRider di Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

TPS di Motor Injeksi

Jadi, tahapan kinerja TPS mendeteksi seberapa besar bukaan koin throttle body lalu mengirimkan sinyal ke ECU. "Sinyal dari TPS akan diterima oleh ECU, seberapa besar persentase bukaan koin throttle body," ucap Faiz.

Faiz menjelaskan data yang didapat oleh TPS dari bukaan koin akan dijadikan patokan ECU mengenai seberapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. "Kalau dipikir secara sederhana, semakin besar koin (throttle valve) terbuka, maka semakin banyak juga bensin yang disemprotkan oleh injector," jelasnya.

TPS di Motor Injeksi

Agar kinerja mesin bisa normal, dibutuhkan campuran udara dan bahan bakar yang seimbang. "Jika campuran udara atau bahan bakarnya kelebihan atau kekurangan tentu motor pasti tidak akan normal," terangnya.

   Baca Juga: Ternyata Ini Beberapa Penyebab Throttle Body Motor Injeksi Cepat Kotor

Jika TPS mengalami kerusakan, pasokan bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin tidak akan seimbang. Salah satu dampaknya adalah motor pasti akan susah idle atau lansam, parahnya tarikan motor bisa brebet.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.