Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?
Minggu, 18 Desember 2022 14:00
Ruslan Abdul Gani

Setiap motor dilengkapi dengan kunci yang berfungsi sebagai pengaman agar tidak mudah dicuri. Saat ini bentuk anak kunci pun beragam, ada yang panjang dan juga pendek. 

Biasanya kalau diperhatikan, pada motor-motor keluaran terbaru anak kuncinya lebih panjang ketimbang motor lama. Lantas, apa yang membedakannya?

   Baca Juga: Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?

Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Kunci Pendek

Ian selaku Pemilik Tian Kunci menjelaskan desain anak kunci yang lebih panjang itu untuk meningkatkan kemanan. "Anak kunci panjang lebih aman ketimbang yang pendek," ujar Ian saat ditemui OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Menurut Ian, kombinasi gerigi pada kunci panjang itu lebih banyak. "Karena lebih banyak, pola geriginya jadi beragam, makanya lebih aman daripada kunci pendek," ucap Ian.

Kunci Kontak Macet

Selain itu, kunci panjang didesain dengan maksud agar kunci tidak bisa dipakai di motor yang berbeda. "Kunci dengan gerigi panjang dibuat untuk mencegah kesamaan pola mata kunci dengan motor milik orang lain," jelasnya.

   Baca Juga: Mau Custom Lampu Motor Biar Lebih Kece? Segini Harganya

Jadi, berdasarkan informasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa kunci saat ini dibuat lebih panjang dengan maksud menambah fitur keamanan agar tidak mudah dibobol maling. Kemudian, ditambah juga dengan fitur secure key shutter atau penutup lubang kunci magnet untuk menambah sistem keamanannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.