Ternyata Ini Beberapa Penyebab Throttle Body Motor Injeksi Cepat Kotor

Ternyata Ini Beberapa Penyebab Throttle Body Motor Injeksi Cepat Kotor
Jumat, 23 Desember 2022 10:00
Ruslan Abdul Gani

Pada motor injeksi terdapat komponen yang namanya throttle body. Komponen ini berfungsi sebagai pengatur volume udara yang masuk ke ruang bakar.

Seiring pemakaian, throttle body berpotensi mengalami penumpukan kotoran. Jika throttle body sudah kotor, tentunya akan timbul banyak efek negatif pada motor. Salah satunya performa motor jadi kurang bertenaga atau lemot.

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

Penyebab Throttle Body Cepat Kotor

"Kotoran yang menumpuk di throttle body bikin tarikan motor jadi lemot atau berat. Hal itu disebabkan karena kotoran pada throttle body mengganggu aliran masuk udara ke ruang bakar," ujar Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat.

Menurut Faiz, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab throttle body cepat kotor. "Penyebab utamanya itu malas membersihkan filter udara, ini untuk motor-motor yang masih pakai filter tipe kering. Kalau tipe basah harus diganti jika sudah kotor, tidak boleh dibersihkan," ucap Faiz saat ditemui OtoRider.

Kondisi filter udara yang kotor akan membuat kotoran masuk ke dalam throttle body dan menumpuk. "Asupan aliran udara menjadi berkurang dan tarikan motor akan terasa berat, parahnya bisa brebet," jelasnya.

Penyebab Throttle Body Cepat Kotor

Kemudian, faktor penyebab lainnya bisa karena menggunakan filter udara racing. "Filter udara racing atau yang berbahan stainless itu bisa bikin throttle body lebih cepat kotor, karena punya lapisan yang lebih terbuka dibanding filter standar," tuturnya.

   Baca Juga: Simak! Ini Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Rusak

Selain itu, kondisi jalan yang sering dilalui juga bisa menjadi penyebab throttle body lebih cepat kotor. "Sering lewat jalanan yang berdebu itu bikin filter udara cepat kotor dan tentunya kotoran dari filter akan masuk ke throttle body juga," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.