Mitos atau Fakta: Cairan Engine Flush Bisa Rusak Seal di Mesin Motor?

Mitos atau Fakta: Cairan Engine Flush Bisa Rusak Seal di Mesin Motor?

 

Engine flush merupakan cairan atau chemical dengan formula khusus untuk merontokkan deposit yang muncul di ruang mesin. Namun, ada sebagian pemilik motor yang khawatir penggunaan engine flush bisa merusak komponen seal di dalam mesin. Lalu, apakah benar bisa merusak seal?

“Bisa merusak seal atau tidak itu tergantung dari cairan engine flush yang digunakan,” ujar Banyu Sasongko, Owner Beprolube yang merupakan toko spesialis oli mesin motor.

   Baca Juga: Siap Bertarung! Bagnaia Optimistis Hadapi Paruh Kedua MotoGP 2022

Menurutnya, engine flush yang dibanderol agak mahal dan memiliki merek cukup ternama biasanya lebih aman terhadap seal berbahan karet dalam mesin. "Cairannya efektif bersihkan zat aditif oli mesin, tapi aman terhadap seal yang ada di mesin," ucap Banyu saat ditemui OtoRider di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Apa Sih Manfaat Engine Flush Saat Ganti Oli Mesin Motor

   Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Honda PCX 160 dan PCX e:HEV per Agustus 2022

Banyu menghimbau, bila ingin seal mesin aman, sebaiknya jangan sembarangan pakai cairan engine flush. “Kalau mau aman pakai engine flush yang berkualitas dan sudah teruji kemampuannya. Jangan sembarangan, apalagi sampai pakai solar sebagai cairan engine flush," jelasnya.

Sementara itu, Banyu sendiri menggunakan cairan engine flush keluaran dari merek Liqui Moly di bengkelnya. "Cairan engine flush ini dimasukkan ke oli lama sebelum diganti oli baru," terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id