Penting! Ini Alasan Mesin Motor Injeksi Harus Dipanasi Sebelum Jalan

Penting! Ini Alasan Mesin Motor Injeksi Harus Dipanasi Sebelum Jalan
Jumat, 9 Desember 2022 15:10
Afrizal Abdul Rahman

Memanaskan motor sebelum diajak berpergian masih menjadi rutinitas sebagian pengendara yang tak bisa dipisahkan sejak dahulu. Hal tersebut umum dilakukan saat teknologi mesin motor masih menggunakan karburator.

Namun seiring perkembangan zaman, kini motor telah dilengkapi teknologi injeksi untuk menyuplai bahan bakar ke mesin. Tak sedikit yang bertanya apakah perlu motor injeksi dipanaskan terlebih dahulu?

   Baca Juga: Catat! Ini Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik

"Menurut saya masih penting juga untuk memanaskan motor injeksi. Sebab, semua sensor yang ada akan berfungsi di atas 90 derajat celcius," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Depok kepada OtoRider baru-baru ini.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Ia memberikan sebuah contoh ketika motor injeksi langsung dikendarai tanpa dipanaskan terlebih dahulu. Ketika terjadi kecelakaan dan panas masih di bawah 90 derajat itu akan berbahaya. 

"Amit-amit nabrak, kalau kondisinya belum panas motor bakal tetap menyala, tapi kalau kondisi sudah panas akan berhenti sendirinya," tambahnya.

   Baca Juga: Catat! Ini Aturan Penggunaan Sepeda Listrik Berpedal

Budiman mengatakan kebiasaan ini memang terus terjadi dan ternyata memiliki banyak manfaat, baik untuk kendaraan bermotor yang masih menggunakan karburator atau injeksi. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan? 

"Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 menit untuk mencapai panas yang diinginkan," tutupnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.