Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara, Sudah Tahu?

Pentingnya Pemanasan Sebelum Berkendara, Sudah Tahu?

 

Kendaraan roda dua kerap dipilih oleh masyarakat untuk menemani mobilitas sehari-hari, baik untuk bekerja atau aktivitas lain. Bukan tanpa sebab, motor cukup berguna dalam menghindari kemacetan. 

Sebelum berkendara, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari kondisi motor hingga fisik pengendara. Dari segi pengendara, salah satu yang harus diperhatikan adalah pemanasan. Tak sedikit pengendara yang menyepelekan pemanasan sebelum berkendara. Padahal hal tersebut memiliki banyak manfaat dan dapat membuat lebih nyaman serta aman. 

   Baca Juga: Cangyun XS500 Bagai Pinang Dibelah Dua Dengan Honda Rebel

Tamy Pratama selaku Tim Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM) turut memberikan penjelasannya. Hal tersebut diungkapkan saat acara regional launching Honda ADV160 di Bekasi, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Teknik Pengereman

"Pemanasan ringan itu penting sebelum jalan agar peredaran darah lancar," kata Tamy saat ditemui OtoRider.

Lebih lanjut, Tamy mengatakan peredaran darah yang lancar dapat meningkatkan reflek ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang akan didapatkan. 

   Baca Juga: Lagi Cari Motor Tampang Classic? Intip Harga Baru Line-Up Royal Enfield (Juli 2022)

"Manfaat lainnya agar tidak mudah kram saat berkendara. Pemanasan bisa dilakukan dalam rentang waktu 3-5 menit," tambahnya. 

Selain pemanasan, penting untuk memerhatikan cara pengereman motor. Tamy menyarankan untuk mengerem menggunakan empat jari, bukan dengan dua jari. 

"Analoginya itu kalau empat jari agar tidak mudah lelah, dan titik berhenti sesuai dengan keinginan, apalagi motor big bike," jelasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id