Tidak Berhenti Di Jalur Kendaraan Berat, Jadi Kiat Pengendara Motor

Tidak Berhenti Di Jalur Kendaraan Berat, Jadi Kiat Pengendara Motor
Selasa, 19 Juli 2022 20:35
Benny Averdi

Beberapa waktu silam, truk bermuatan berat menyeruduk berbagai kendaraan saat sedang berhenti di persimpangan. Tak ayal, banyak korban meninggal dunia dibuatnya.

Masih segar di ingatan, kembali truk dengan rem blong menjadi penyebab sejumlah orang meregang nyawa di kawasan Cibubur, Jawa Barat.

   Baca Juga: Catat! Berikut Waktu Ideal Penggantian V-Belt Motor Matic

Dari kedua kasus tersebut tampaknya ada kesamaan, yaitu saat banyak kendaraan berhenti karena traffic light menyala merah.

lalu lintas sepeda motor ilustrasi

Lantas, bagaimana menyiasati kejadian tersebut sebagai pengendara roda dua? Catur Wibowo selaku Instruktur Defensive Driving menyatakan bahwa sebaiknya diusahakan tidak berhenti di jalur kendaraan berat.

“Saat menjelang traffic light, perhatikan lampu yang menyala. Kalau baru saja hijau, silakan lanjut. Sementara kalau saja menjelang merah, ada baiknya berhenti di tempat yang lebih aman, ketimbang berkumpul di dekat traffic light,” ujar lelaki yang kerap memberikan pelatihan di berbagai institusi tersebut.

   Baca Juga: GALERI: Modifikasi Honda ADV160 Versi Street Sporty

“Tetapi lebih sering kita kan maunya paling depan kalau di lampu merah,” jelas Muhtar, pengendara Honda BeAT asal Bekasi. Jadi tentunya akan berada di rombongan yang di dekat traffic light.

Lain halnya dengan Hakim, ia cukup bersabar untuk menunggu agak jauh dari ‘lampu merah’. “Terutama kalau ada pohon, seringnya berhenti di bawah pohon, lebih adem,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.