Perpanjang Usia Pakai, Berikut 4 Tips Merawat Pelek Motor

Perpanjang Usia Pakai, Berikut 4 Tips Merawat Pelek Motor

 

Pengecekan serta perawatan komponen secara berkala tentunya menjaga performa motor tetap optimal. Salah satu komponen tersebut adalah pelek. Keberadaan pelek berkaitan erat dengan kenyamanan serta handling saat berkendara motor.

Nah, agar selalu berfungsi dengan baik, pelek juga memerlukan pengecekan dan perawatan. Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tipsnya.

   Baca Juga: 5 Motor Honda Terlaris di GIIAS 2022, Terjual Hingga Ribuan Unit

"Konsumen perlu memperhatikan perawatan pelek agar tetap berfungsi dengan baik, sehingga mendukung aktivitas berkendara. Untuk itu kami memberikan beberapa tips yang dapat diikuti oleh konsumen dan kami harapkan dapat membantu dalam menjalani kegiatan berkendara mereka," ujar Muslian.

Ban, Nitrogen, tekanan angin

Pertama, selalu jaga kebersihan pelek. Muslian menghimbau pemilik motor untuk membiasakan membersikan pelek secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau usai melewati genangan air. Karena semakin bersih, pelek akan terhindar dari karat yang dapat berpotensi mempercepat kerusakan.

Tips yang kedua adalah memerhatikan tekanan udara pada ban. Muslian mengatakan tekanan udara ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan pelek. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan pelek akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Selanjutnya yaitu menggunakan ukuran ban dan pelek yang sesuai. Cukup banyak pemilik yang memodifikasi motornya, termasuk area ban dan pelek. Namun, dihimbau untuk tetap memerhatikan sisi kenyamanan saat berkendara di jalan. 

   Baca Juga: Tabel Klasemen MotoGP 2022 Usai Seri Austria: Selisih Poin Kian Tipis

Contohnya, tidak menggunakan ban yang melebihi diameter pelek. Hal ini karena dapat berpotensi memengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda. Pilihlah pelek asli keluaran pabrikan serta yang bermerek atau berkualitas baik.

Terakhir, hindari jalan rusak atau berlubang. Semakin sering berbenturan, bukan hanya tekanan udara saja yang berkurang, tapi juga dapat merusak keutuhan pelek dan ban luar.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id