Perbedaan Kaliper 2 Piston dan 4 Piston pada Motor, Lebih Pakem Mana?

Perbedaan Kaliper 2 Piston dan 4 Piston pada Motor, Lebih Pakem Mana?
Rabu, 24 Agustus 2022 17:10
Ruslan Abdul Gani

Pada pengereman motor jenis hidrolis, kinerjanya dibantu oleh beberapa komponen. Salah satu komponen tersebut yaitu kaliper. Tiap motor keluaran pabrik ada yang menggunakan kaliper rem 1 piston, 2 piston, bahkan sampai 4 piston. Lantas, apa sih perbedaan antara kaliper 2 piston dan 4 piston?

“Jumlah piston itu tentu mempengaruhi performa dari pengereman. Kaliper 4 piston pastinya lebih baik dibanding 2 piston,” kata Eko, Teknisi dari KTC Kytaco saat ditemui OtoRider  beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Bastianini Gagal Finish, Diggia Tampil Konsisten

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bukan berarti 2 piston itu jelek. Namun, biasanya pabrikan sudah menentukan sistem pengereman sesuai dengan kapasitas mesin motornya. “Biasanya motor-motor yang berkapasitas mesin 250 cc hingga di bawah 250 cc pakai 2 piston, kalau 4 piston di motor super sport atau moge,” ujar Eko.

Ganti Kaliper Lebih Besar Apa Perlu Ganti Master Rem Juga?

   Baca Juga: Pengunjung GIIAS 2022 Meningkat 30 Persen dari Tahun Sebelumnya

Kemudian, kaliper 2 piston juga umumnya hanya menempatkan posisi pistonnya di satu sisi saja. Sedangkan, 4 piston ada di kedua sisi kalipernya. “Kelebihan dari kaliper 4 piston itu kondisi kampas rem habisnya rata, karena posisi piston ada di kedua sisi kampas. Berbeda dengan yang 2 piston yang kurang rata, hanya di salah satu sisi kampas saja,” jelasnya.

Kelebihan lain dari kaliper 4 piston yaitu daya cengkeram rem lebih kuat ketimbang 2 piston. “Daya cengkeram kaliper 4 piston juga lebih baik karena posisi piston ada di kedua sisi kampas rem,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.