Rem Belakang Vespa Matic Keras dan Kurang Pakem, Ini Tips Mengatasinya

Rem Belakang Vespa Matic Keras dan Kurang Pakem, Ini Tips Mengatasinya

 

Salah satu masalah yang sering terjadi di Vespa Matic yang sudah berumur yaitu rem belakangnya keras dan kurang pakem. Jika rem sudah mengalami hal tersebut, maka akan menganggu kenyamanan serta kemanan saat berkendara.

Wajar saja jika Vespa matic sering mengalami rem belakang terasa keras. Hal ini karena rata-rata semua tipe masih mengandalkan rem tromol. Salah satu penyebab rem belakang Vespa Matic keras ternyata kabel rem yang sudah berkarat karena usia atau cipratan air hujan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

   Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 3 Tanda Oli Mesin Motor Harus Segera Diganti

Rem Belakang Vespa Matic Terasa Keras

“Memang umumnya rem belakang Vespa sering keras, karena kondisi kabel yang berkarat. Hal itu disebabkan ukuran diameter kabel rem Vespa matic lebih besar dari motor matic lain, sehingga rentan masuk kotoran atau air,” ucap Abdul Rosyid, Kepala Mekanik Scooter VIP yang berada di Kawasan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Kemudian, Abdul menjelaskan untuk mengatasi rem belakang Vespa matic yang keras bisa dengan dibersihkan dan diberi pelumas. “Bersihkan bagian atas kabel dekat tuas rem dan bagian bawah yang dekat tuas paha rem tromol di roda belakang pakai cairan penetran. Biasanya di bagian bawah yang sering menampung air dan berkarat,” ujar Abdul saat disambangi OtoRider.

Cara Atasi Rem Belakang Keras di Vespa Matic

   Baca Juga: Penasaran Mau Test Ride Motor Baru? Catat Lokasi dan Tanggalnya!

Jika sudah dibersihkan serta dilumasi tetapi rem belakang masih terasa keras, berarti kondisi kabel sudah rusak. “Jika masih terasa keras,  kemungkinan ada serabut kawat di kabel rem yang sudah putus sehingga mengganggu pergerakannya,” jelas Abdul.

Kalau kondisi kabel rem yang sudah keluar serabut kawat tentunya harus segera dilakukan penggantian. “Lebih baik segera diganti, soalnya kalau tidak diganti lama-kelamaan kabel rem bisa putus,” terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id