Rem Tromol Kurang Pakem? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

Rem Tromol Kurang Pakem? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

 

Rem memiliki fungsi untuk mengurangi laju motor. Rem sendiri umumnya terdiri dari dua tipe, yakni cakram dan tromol. Supaya aman dan nyaman, komponen ini harus selalu diperhatikan kondisinya. Serupa rem cakram, rem tromol juga terkadang timbul masalah tidak pakem. Lalu, apa penyebab rem tromol terasa tidak pakem?

Ujang selaku Pemilik Bengkel Ardi Motor menjelaskan penyebab utama biasanya kondisi kampas rem yang sudah mulai menipis. "Paling umum kalau rem tromol kurang pakem biasanya kampas rem sudah mulai tipis, melihat posisi rem tromol ada di roda belakang, makanya sering dibiarkan," ucap Ujang kepada OtoRider di Kalisari, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Vespa Matic Tidak Bisa Distarter? Cek Tiga Komponen Ini!

Rem Tromol

Selain itu, penyebab lain bisa dari penggunaan kampas rem yang tidak orisinal. "Soalnya kampas rem yang bukan orisinal biasanya masih mengandung bahan asbes, makanya jadi kurang pakem," ucap Ujang.

Jika kondisi kampas rem masih belum lama ganti dan pakai yang orisinal, penyebab lainnya bisa dari menumpuknya kotoran di dalam tromol. "Numpuknya debu kotoran bikin kinerja kampas menjadi slip. Akibatnya daya cengkeram kampas jadi kurang bagus," jelasnya.

Rem Tromol

   Baca Juga: Helm Jarang Dicuci? Waspada! Masalah Ini Mengintai Anda

Kemudian, kondisi kabel rem yang tidak bagus juga bisa jadi penyebabnya. "Kondisi kabel rem yang sudah tidak bagus, biasanya kurang responsif ketika ditarik. Tentu saja hal ini bisa bikin rem tidak pakem. Solusinya, ganti kabel baru," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id