Vespa Matic Tidak Bisa Distarter? Cek Tiga Komponen Ini!

Vespa Matic Tidak Bisa Distarter? Cek Tiga Komponen Ini!

 

Elektrik starter merupakan salah satu perangkat penting pada motor, seperti halnya Vespa matic yang tidak lagi memiliki kick starter. Alat ini membantu pengendara untuk menyalakan mesin dengan sangat mudah. 

Namun, setiap komponen pada motor pasti ada saatnya tidak bisa berfungsi secara normal. Kalau sudah tidak berfungsi, tentunya mesin Vespa matic tidak bisa menyala. Lantas, apa penyebab starter di Vespa matic rusak?

   Baca Juga: Mengapa Motor Habis Menerjang Banjir Harus Langsung Ganti Oli?

Servis vespa

Fajri selaku Mekanik Bellissimo Indonesia menjelaskan untuk mengetahui penyebabnya perlu dilakukan pengecekan pada tiga komponen. "Komponen yang perlu dicek yaitu switch standar samping, kondisi tegangan aki, dan relay starter," ujar Fajri saat disambangi OtoRider di Serpong, Jawa Barat.

Untuk mengecek kondisi switch standar samping perlu dilihat bagian kabel-kabel atau socket-nya. "Kita lihat bagian kabel atau socket-nya ada yang putus atau tidak, soalnya sering putus akibat gigitan tikus atau kondisi socket-nya berkarat. Posisinya di bawah, makanya rawan terkena air hujan dan socket-nya mengalami korosi," ucap Fajri.

Aki Motor Aspira MF GTZ6V

Penyebab kedua itu dari relay atau switch starter yang bermasalah. Memiliki tugas yang hampir sama dengan fuse, switch starter berfungsi sebagai penyambung dan pemutus listrik. "Cirinya kalau switch rusak itu muncul bunyi "krek" saat kabel disambungkan langsung," jelasnya.

   Baca Juga: Cara Atasi Penyakit Bunyi Berdecit yang Sering Timbul di Vespa Matic

Kemudian, penyebab yang terakhir bisa dari kondisi tegangan aki yang mulai melemah. "Kalau dicek tegangan akinya di bawah 12 volt itu pasti motor tidak akan kuat saat di-starter," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id