Remote Keyless Motor Hilang, Bisa Diduplikat atau Ganti Satu Set?

Remote Keyless Motor Hilang, Bisa Diduplikat atau Ganti Satu Set?

 

Saat ini beberapa motor terbaru sudah dibekali dengan fitur keyless. Dengan teknologi tersebut, pengendara tidak perlu membawa anak kunci. Dalam teknologi ini, ada komponen remote yang berfungsi sebagai sensor pengirim sinyal agar kelistrikan motor bisa hidup.

Namun, seiring pemakaian ada saja masalah yang menimpa seperti remote keyless rusak ataupun hilang. Kalau mengalami hal tersebut, tentunya motor tidak akan bisa menyala. Tak perlu panik, karena ada bengkel spesialis yang bisa duplikat remote keyless motor yang hilang atau rusak.

   Baca Juga: Motor dengan Sistem Keyless Apa Masih Bisa Dicuri Maling?

Remote Keyless Hilang

Biasanya setiap melakukan pembelian motor itu diberikan dua remote keyless, satunya sebagai cadangan. Tapi jika kedua remote keyless hilang, biasanya cara normal mengatasinya adalah harus ganti satu set.

"Umumnya kalau kedua remote keyless hilang atau rusak, kalau di bengkel resmi biasanya harus ganti Smart Control Unit (SCU), Engine Control Unit (ECU) beserta remote keyless-nya," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Remote Keyless Hilang

   Baca Juga: Ternyata Shock Breaker Racing Juga Perlu Dirawat, Ini Caranya

Lebih lanjut, Ian menjelaskan kalau di tempatnya bisa dilakukan dengan cara duplikat remotenya saja. "Cukup beli remote keyless-nya saja, nanti tinggal menyambungkan frekuensi antara remote keyless dengan SCU melalui alat khusus. Jadi tidak perlu mengganti SCU dan ECU," jelas Ian.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id