Motor dengan Sistem Keyless Apa Masih Bisa Dicuri Maling?

Motor dengan Sistem Keyless Apa Masih Bisa Dicuri Maling?

 

Saat ini dibeberapa motor terbaru sudah dibekali dengan fitur keyless. Dengan teknologi tersebut, pengendara tidak perlu membawa anak kunci dan lebih praktis ketika menyalakan motor. Lantaran tidak ada lubang kuncinya, apakah keyless tidak bisa dibobol maling?

Ian selaku Pemilik dari Tian Kunci menjelaskan sebenarnya motor keyless masih bisa dibobol maling, namun lebih aman ketimbang kunci biasa. "Untuk keyless kunci setangnya memang bisa dijebol, tapi motor tetap tidak akan bisa hidup, paling cara mengambilnya dengan didorong," ujar Ian saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Ternyata Shock Breaker Racing Juga Perlu Dirawat, Ini Caranya

Keyless Aman Tidak Dari Maling

Kemudian, Ian menambahkan mesin motor tidak akan bisa hidup meski speedometer sudah menyala. Hal itu karena remote keyless terhubung dengan komponen SCU dan ECU. "Pada sistem keyless motor itu ada yang namanya Smart Control Unit (SCU). Untuk sistem kerja keyless motor, fungsi SCU ini selain membaca kehadiran remote, berfungsi juga untuk berkomunikasi dengan Engine Control Unit (ECU), saling berkaitan," jelas Ian.

Jadi, intinya motor dengan keyless bisa saja dibobol oleh maling, spedometer tetap menyala tetapi mesin motor tidak bisa dihidupkan. "Mesin tidak bisa hidup karena ECU tidak membaca kehadiran remote melalui SCU," terangnya.

Keyless Aman Tidak Dari Maling

   Baca Juga: Gunakan Cover, Shock Breaker Motor Bisa Jadi Lebih Awet?

Lebih lanjut, Ian menuturkan untuk motor Honda PCX150 yang keluaran pertama sistemnya masih agak sedikit sederhana. "Sistem keyless-nya belum ada sensor ke SCU dan ECU, jadi makanya banyak kabar yang bisa dibobol maling," tuturnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id