Rutin Setel Celah Klep Bisa Bikin Motor Irit Bensin?

Rutin Setel Celah Klep Bisa Bikin Motor Irit Bensin?
Jumat, 14 Oktober 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Motor yang boros bahan bakar pasti membuat biaya pengeluaran semakin membengkak. Makanya, supaya tidak mengalami hal tersebut, motor perlu dilakukan perawatan atau servis secara berkala. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar konsumsi bensin tetap irit adalah dengan rutin melakukan pengecekan kerenggangan celah klep.

Menurut Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic yang terletak di daerah Cilangkap, Jakarta Timur, salah satu penyebab bensin boros bisa dari jarak celah klep yang tidak sesuai standar motornya.

   Baca Juga: Ban Motor Habis Tidak Merata? Ternyata Ini Penyebabnya

“Ukuran celah klep yang tidak sesuai standar bisa berakibat pada tenaga motor yang keluar tidak maksimal. Hal itu karena, klep bekerja dengan sistem kerja mekanis. Jadi, pada saat posisi mesin panas terjadi pemuaian dan berpengaruh terhadap buka tutup klep, dan buka tutup klep berpengaruh pada keluar masuknya bahan bakar,” ucap Adi Danu saat disambangi OtoRider beberapa waktu lalu.

Rutin Setel Celah Klep Bisa Bikin Motor Irit Bensin?

Jika setelan klep terlalu rapat, dampaknya membuat klep cepat membuka dan lebih lama menutup. Alhasil, pembukaan yang lebih lama membuat bahan bakar dan udara masuk lebih banyak. “Jadi, efeknya bahan bakar lebih boros tetapi tenaga mesin tidak ada, terbuang percuma,” jelas Danu.

   Baca Juga: Efek Ubah Derajat Kemiringan Pulley Depan, Bikin Akselerasi Naik?

Sedangkan, jarak celah klep yang terlalu renggang juga tidak bagus buat mesin. Efeknya suara mesin lebih berisik serta kompresi menjadi lebih rendah. “Hal Ini disebabkan karena campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar berlangsung terlalu cepat. Makanya, ukuran celah klep tidak bisa sembarangan, ada ukurannya dan beda-beda tiap motor sesuai dengan panduan bawaan pabrik,” kata Danu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.