Ban Motor Habis Tidak Merata? Ternyata Ini Penyebabnya

Ban Motor Habis Tidak Merata? Ternyata Ini Penyebabnya
Selasa, 4 Oktober 2022 10:00
Ruslan Abdul Gani

Seiring pemakaian ban pada motor pasti akan habis termakan dan sebaiknya lakukan penggantian ban baru. Biasanya ban motor yang normal habis merata di semua sisi. Namun, terkadang ada yang habisnya tidak rata atau bahkan bergelombang. Lantas, apa penyebabnya?

Abdul Malik selaku Service Advisor Rumah Ban Motor menjelaskan ada beberapa penyebab ban motor habisnya tidak rata atau seperti bergelombang. “Salah satunya ialah dari kondisi shockbreaker depan yang bermasalah atau rusak,” ucap Malik saat ditemui OtoRider di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Dilengkapi Chip, Bentuk BPKB Elektronik Akan Mirip dengan Paspor

Ban Motor Habisnya Tidak Rata? Ternyata Ini Penyebabnya

Kinerja shockbreaker yang tidak sama antara kanan dan kiri bisa menjadi penyebab ban motor habisnya tidak rata. “Kerusakan yang umumnya terjadi di shockbreaker itu kondisi seal yang bocor. Karena olinya rembes, makanya takaran oli jadi tidak sama antara kanan dan kiri,” ujar Malik.

Kemudian, penyebab kedua bisa dari kondisi pengereman yang mengalami masalah.”Kondisi rem macet juga bisa jadi penyebab ban motor jadi tidak rata habisnya. Pada umumnya kan rem depan hanya ada satu kaliper. Jadi kalau macet, otomatis putaran roda jadi tidak seimbang,” jelas Malik.

Ban Motor Habisnya Tidak Rata? Ternyata Ini Penyebabnya

   Baca Juga: Hilangkan Gredek, Ini Biaya Pasang Kampas Ganda Pantekan Motor Matic

Lebih lanjut, Malik menjelaskan kondisi ban yang kurang angin juga kerap kali menjadi penyebabnya. “Jika kondisi ban dalam keadaan kempes, saat melewati kondisi jalan yang bergelombang atau rusak, ban tidak dapat menahan tekanan, karena tekanannya tidak ada,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.