Ternyata Ini Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Terasa Berat

Ternyata Ini Penyebab Tarikan Awal Motor Matic Terasa Berat
Minggu, 13 Maret 2022 15:00
Ruslan Abdul Gani

Motor matic menjadi salah satu jenis motor yang banyak diminati sebagai alat transportasi sehari-hari. Agar performa motor matic selalu dalam kondisi prima, tentunya perawatan harus rutin dilakukan. Karena, ada berbagai jenis masalah yang timbul pada motor matic jika jarang dirawat.

Salah satunya tarikan motor terasa berat saat putaran awal, seperti tertahan tenaganya. Kalau demikian, tentunya akan sangat menganggu kenyamanan saat berkendara. Lantas, apa sih penyebabnya?

   Baca Juga: Cara Rawat Parking Brake Lock Motor Matic, Bisa Dilakukan Sendiri!

Dijelaskan Pardiman selaku Kepala Mekanik Takutic yang merupakan bengkel spesialis motor matic di Kebagusan, Jakarta Selatan, penyebab tarikan motor matic terasa berat ialah dari sekitar sistem bahan bakar.

Layanan servis Honda

“Sebenarnya ada banyak komponen penyebabnya, tapi paling sering dari sistem bahan bakarnya. Aliran bahan bakar yang tersendat, jadi sistem pengkabutan tidak maksimal," kata Pardiman saat ditemui OtoRider.

   Baca Juga: Harga Baru Motor Trail 150 cc Maret 2022: CRF150L, WR 155R, KLX 150

Komponen penyalur bahan bakar motor injeksi meliputi fuel pump, throttle body, dan injector. ”Untuk mencari penyebabnya kita harus mengecek bagian-bagian penyalur bahan bakarnya. Biasanya kita cek tekanan fuel pump, injector semprotannya masih kencang atau tidak, dan kondisi throttle body," ucap Pardi sapaan akrabnya.

Setelah melakukan pengecekan kondisi komponen-komponen tersebut, tahap selanjutnya dibersihkan. “Kemudian, bagian throttle body dan filter fuel pump dibersihkan, biasanya kotoran juga bisa jadi penyebabnya, aliran bahan bakar jadi tidak lancar," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.