Cara Rawat Parking Brake Lock Motor Matic, Bisa Dilakukan Sendiri!

Cara Rawat Parking Brake Lock Motor Matic, Bisa Dilakukan Sendiri!
Jumat, 11 Maret 2022 09:00
Ruslan Abdul Gani

Fitur yang disematkan pada motor matic cukup beragam, salah satunya ialah parking brake lock. Letak fitur ini berada di handle rem sebelah kiri, semacam tuas tambahan. Cara kerjanya, perangkat tersebut akan menahan handle rem belakang pada posisi mengerem sehingga roda belakang tidak bergerak.

Fungsi utama fitur ini adalah untuk menunjang keselamatan, terutama ketika motor berada di tanjakan atau turunan saat macet. Namun, fitur ini terkadang jarang digunakan atau disepelekan oleh pemilik motor. Sama seperti komponen lain, parking brake lock juga bisa mengalami masalah.

   Baca Juga: Cegah Oli Palsu, Federal Oil Beri Kemasan Khusus, Ini Cirinya

“Masalah yang sering terjadi di parking brake lock agak macet, biasanya karena karat. Untuk model tuas atau yang tekan sama saja masalahnya, karat. Apalagi jarang dibersihkan," kata Yudi Hendrito, Service Advisor Honda Artha Sentra Oto Cibubur.

Kampas Rem Bunyi Berdecit

Melihat posisi parking brake lock yang terbuka memang rawan berkarat. Apalagi sering terkena air saat musim penghujan. Kalau sudah bermasalah seperti ini tentunya akan merepotkan saat ingin digunakan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

   Baca Juga: Klasemen MotoGP 2022 Usai Seri Qatar 2022: Duo Repsol Honda 5 Besar

“Untuk mengatasi parking brake lock yang macet karena karat sangat mudah, cukup dilumasi pakai cairan penetran atau pelumas. Kalau memang kelihatan ada karat, semprot cukup banyak ke bagian tersebut, sambil dimainkan lepas dan tekan tuasnya,” ucap Yudi saat ditemui OtoRider.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.