Tips Cara Bawa Motor Agar Irit Bahan Bakar, Sudah Tahu?

Tips Cara Bawa Motor Agar Irit Bahan Bakar, Sudah Tahu?

 

Sejak harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik beberapa waktu lalu, pastinya membuat biaya pengeluaran para pengguna motor meningkat. Jika motornya bisa irit bahan bakar, tentu akan membuat senang para pengendara. Salah satu cara agar motor irit bahan bakar bisa dengan memahami teknik berkendara. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic menjelaskan hal pertama yang diperhatikan sebelum teknik berkendara yaitu memastikan dahulu kondisi motor harus dalam keadaan prima. "Karena percuma berkendara dengan benar jika motornya tidak dalam kondisi prima, tetap saja bakal boros bahan bakar," ucap Danu saat ditemui OtoRider di Cilangkap, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Tips Berkendara Aman Saat Cuaca Hujan, Lakukan 3 Hal Ini!

Rutin Bersihkan Throttle Body Bisa Bikin Motor Injeksi Irit Bensin

Komponen yang harus diperhatikan antara lain adalah tekanan angin ban. Apabila ban kekurangan angin, maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros. Tidak hanya itu, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan motor tetap optimal.

"Kalau dari cara berkendara supaya irit bensin hal pertama yang harus dilakukan pemilik motor yaitu saat membuka gas harus secara perlahan dan menjaga kecepatan tetap konstan selama mungkin. Jangan asal pelintir gas dalam! Selanjutnya, jangan mengerem secara mendadak, kecuali memang darurat," ucap Danu.

Cek Tekanan Angin Ban Motor

Alasan tidak boleh melakukan pengereman mendadak karena dalam kondisi tersebut motor akan mengulang gas dari awal. Sehingga, membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. "Kemudian, cara lainnya bisa dengan memanfaatkan teknologi ECO indikator. Kalau di motor-motor baru kan kelihatan kita berkendara dalam mode irit bahan bakar atau tidak. Selain itu bisa pakai fitur Stop & Start System atau Idling Stop di Honda, dengan begitu saat lampu merah mesin motor mati, jadi irit bahan bakar," jelasnya.

   Baca Juga: Rutin Setel Celah Klep Bisa Bikin Motor Irit Bensin?

Danu menjelaskan hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu jangan membawa barang berlebihan. "Jika membawa barang melebihi kapasitas pasti akan membebani kinerja mesin. Akibatnya, konsumsi bensin motor meningkat," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id