Tips Berkendara Aman Saat Cuaca Hujan, Lakukan 3 Hal Ini!

Tips Berkendara Aman Saat Cuaca Hujan, Lakukan 3 Hal Ini!
Jumat, 14 Oktober 2022 12:00
Afrizal Abdul Rahman

Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Bagi pengendara motor, tentu diperlukan kesigapan serta konsentrasi lebih, khususnya ketika berkendara saat cuaca hujan. 

Banyak risiko yang akan terjadi ketika berkendara di musim hujan. Di antaranya seperti pandangan lebih terbatas hingga genangan air yang dapat membuat motor tak seimbang. Agar tetap aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara motor. Lantas, apa saja?

   Baca Juga: GALERI: New Honda Vario 125 Hyper Sport, Sederhana Tapi Mewah

"Pertama dari pengendara itu sendiri harus siap, mulai dari fisiknya harus lebih prima," kata Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) saat dihubungi OtoRider baru-baru ini.

Yamaha Gear 125

Arief mengatakan saat musim hujan pastikan menggunakan kaca helm yang bening. Ia menghimbau untuk jangan menggunakan visor warna gelap, karena dapat menganggu pandangan. 

   Baca Juga: AISI: Pembeli Motor di IMOS 2022 Tak Perlu Khawatir Soal Inden

"Pandangan saat musim hujan jauh lebih pendek, apalagi banyak yang pulang malam hari. Pastikan gunakan yang bening agar penglihatan tetap terjaga dengan baik," tambahnya. 

Selain itu, beberapa peranti lain wajib digunakan seperti jas hujan, sarung tangan, dan sepatu agar tetap aman saat berkendara. "Memilih sarung tangan yang lebih tipis, dan jas hujan pastikan jangan berwarna gelap dan bisa gunakan warna cerah agar dapat dilihat dengan penggunaan jalan lain," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.