Tips Membuat Shock Breaker Depan Motor Jadi Lebih Tinggi

Tips Membuat Shock Breaker Depan Motor Jadi Lebih Tinggi

 

Modifikasi meninggikan shock depan biasanya sering dilakukan pada motor trail atau adventure. Dengan kondisi shock yang lebih tinggi, pasti akan membuat tampilan lebih kekar serta siap melibas segala medan. Lantas, bagaimana sih cara meninggikan shock yang benar?

Dijelaskan Eko Cahyono selaku Pemilik Klinik Shock, untuk meninggikan shock depan ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama, pakai peninggi shock yang banyak dijual di pasaran. Kedua, ganti as shock breaker yang lebih panjang serta yang terakhir dengan memodifikasi bagian sulingan.

   Baca Juga: Tips Mengerem Motor, Sebaiknya Pakai Berapa Jari?

Tips Cara Membuat Shock Breaker Depan Lebih Tinggi

“Kalau untuk cara yang pertama, memang sangat mudah bisa dilakukan sendiri dengan membeli sambungan as shock, tetapi saya tidak menyarankan karena kurang bagus dan banyak dampak buruknya. Efeknya kalau kurang presisi pemasangannya bisa bikin as shock jadi bengkok. Jika bengkok tentunya akan merusak kinerja shock dan part lain seperti seal,” ujar Eko saat ditemui OtoRider di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat.

Menurut Eko, posisi sambungan as shock yang berada di atas juga bisa bikin handling motor ikut berubah. Sedangkan cara yang kedua lebih aman dilakukan. “Untuk cara kedua lebih aman dilakukan, intinya cari as shock yang diameternya sama tetapi lebih panjang dari as shock bawaan,” ucap Eko.

Tips Cara Membuat Shock Breaker Depan Lebih Tinggi

   Baca Juga: Suzuki Pakai Teknologi Militer untuk Berkomunikasi saat Balap MotoGP

Kemudian, untuk cara yang ketiga memang agak lebih rumit prosesnya karena harus membuat sulingan shock yang lebih panjang. Sulingan ini terdapat di bagian dalam shock breaker dan berfungsi membantu kinerja shock.

“Buat cara ketiga memang agak memakan waktu, karena harus membuat sulingan baru di tukang bubut. Jadi sulingannya dibuat lebih panjang dari asli bawaannya,” jelas Eko.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id