Tips Merawat Kulit Jok Motor Biar Tidak Gampang Kaku

Tips Merawat Kulit Jok Motor Biar Tidak Gampang Kaku

 

Jok motor memiliki fungsi sebagai tempat duduk atau bisa juga disebut pelana yang berfungsi menopang tubuh dan peredam guncangan ketika berkendara. Jok keras merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pengendara motor.

Ternyata kulit jok yang kaku juga bisa menjadi penyebab jok keras. Supaya kulit jok tidak mudah kaku dan tetap lentur, tentu ada cara merawatnya.

   Baca Juga: Lin Jarvis: Quartararo Mampu Memaksimalkan Potensi Yamaha YZR-M1

Ganti Kulit Jok Motor

Dijelaskan Arief Syarifudin selaku pemilik Arie Jok Motorsport, supaya kulit jok tetap lentur dan tidak cepat kaku terdapat dua hal yang harus diperhatikan. “Hal pertama, hindari parkir motor terjemur langsung oleh sinar matahari," kata Arief saat ditemui OtoRider.

Menurut Arief, pancaran panas dari sinar matahari bisa membuat kulit jok jadi kering dan getas. Sehinga, lama-kelamaan menjadi kaku. Oleh sebab itu, lebih baik parkir motor di tempat yang teduh.

seat cleaner

Kemudian, dalam membersihkan kulit jok motor juga tidak boleh sembarangan, apalagi saat mencuci motor. “Saat mencuci motor sebaiknya jangan sering terkena sabun, soalnya kulit jok motor tidak bisa terkena bahan kimia sembarangan,” ujar Arie.

   Baca Juga: Akselerasi Yamaha Fazzio dan Benelli Panarea, 0-80 Km/Jam Beda 2 Detik

Lebih lanjut, Arie menuturkan kalau ingin mencucinya bisa menggunakan cairan yang memang diperuntukkan khusus buat kulit jok motor. "Saat ini sudah banyak kok pabrikan kulit jok motor yang bikin cairan khusus atau seat cleaner, salah satunya MBTech Seat Cleaner," jelasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id