Biar Masyarakat Taat Pajak, Biaya Balik Nama Motor Bekas Bakal Dihapus

Biar Masyarakat Taat Pajak, Biaya Balik Nama Motor Bekas Bakal Dihapus
Minggu, 11 September 2022 17:30
Ruslan Abdul Gani

Sebagai upaya mendorong minat masyarakat agar tidak menunggak pajak kendaraan bermotor, Korlantas Polri mengusulkan biaya Bea Balik Nama (BBN) 2 untuk kendaraan bekas dihapuskan. Saat ini, jajaran Korlantas Polri dan beberapa instansi terkait seperti Pemda sedang membicarakan hal tersebut.

Melansir dari NTMC Polri, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengusulkan bea balik nama ini dihilangkan agar masyarakat mau bayar pajak.

   Baca Juga: Harga Terbaru CRF150L, WR155R, dan KLX 150 (September 2022)

"Coba BBN 2 dihilangkan, orang akan bayar pajak semua. Kasih pemutihan, dendanya dihilangkan, pasti mau bayar kan? Naik semua nanti. BBN dibikin nol, balik nama gratis, pasti mau bayar pajak. Itu yang saya bilang yang kecil kita hilangkan, yang besar kita angkat. Ini yang sedang kita sampaikan kepada gubernur, bupati, dan walikota. Mudah-mudahan secepatnya," ujar Yusri.

BPKB

   Baca Juga: Lengannya Masih Terasa Sakit, Marquez Ragu Bisa Ikut GP Aragon

Dirinya mencontohkan, banyak kasus masyarakat yang baru membeli kendaraan bekas dan hendak balik nama. Akan tetapi, terbentur bea balik nama yang cukup mahal. Akhirnya, pemilik kendaraan tersebut menunggu program pemutihan.

Lebih lanjut, Yusri mengungkapkan berdasarkan data yang diperolehnya, salah satu alasan banyak orang tidak membayar pajak kendaraan bermotor karena pembeli kendaraan bekas tidak mengganti identitas kepemilikan nama kendaraan. Sebab, ada bea balik nama yang harus dibayar dan biayanya dinilai mahal. Karenanya, pemda juga diklaim kehilangan pendapatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.