Awas! Ini Masalah yang Timbul pada Motor Jika Air Radiator Habis

Awas! Ini Masalah yang Timbul pada Motor Jika Air Radiator Habis
Selasa, 10 Januari 2023 08:00
Afrizal Abdul Rahman

Air radiator memiliki peran penting dalam fungsi pendinginan bagi setiap mesin motor. Komponen ini umumnya tersedia di beberapa model motor keluaran terbaru.

Sayangnya, tak sedikit yang abai dengan komponen satu ini. Kondisi tersebut tentu akan menimbulkan masalah pada performa motor, khususnya di area mesin.

   Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Polisi Bakal Terapkan Tilang Manual Lagi

"Bahayanya bisa overheat, karena otomatis panasnya tidak terjaga," kata Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di kawasan Depok, Jawa Barat kepada OtoRider baru-baru ini.

Faiz mengatakan jika air radiator habis dan didiamkan saja, maka bisa merusak piston yang berakibat timbulnya baret. Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya memantau volume air radiator.

Radiator Motor

"Kalau piston sudah ada baret itu bisa mengeluarkan asap di bagian knalpot (ngebul)," tambahnya.

Senada dengan Faiz, Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok mengatakan piston yang sudah baret akan berdampak mengeluarkan asap pada kendaraan.

   Baca Juga: Catat! Ini Batas Usia Pakai Kampas Rem Motor

"Jadi kalau sudah baret bisa menyebabkan keluarnya asap dari knalpot," ucapnya.

Faiz pun menjabarkan dampak paling utama yang akan terjadi ketika air radiator habis. Di antaranya seperti piston baret dan oli mesin cepat habis. "Ketika sudah baret itu yang kemakan adalah oli mesin. Jadi, penting melakukan pengecekan." ujar Faiz.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.