Bahaya! Begini Dampak Bila Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Bahaya! Begini Dampak Bila Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran
Kamis, 30 Maret 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Sistem pendinginan mesin motor saat ini tidak hanya mengandalkan udara, tetapi sudah dibekali teknologi pendingin cairan melalui radiator. Dalam kondisi standar, radiator diisi oleh cairan pendingin atau coolant

Namun, ada saja pemilik motor yang mengganti atau menambahkan coolant dengan air kran biasa. Sebaiknya, jangan menggunakan air kran untuk mengisi radiator. Sebab, bakal menimbulkan banyak efek negatif. 

   Baca Juga: Cukup Semprot, Bersihkan Kotoran Mesin dan Bodi Bisa Pakai Cairan Ini

Perlukah Kuras Air Radiator Motor

Wito Waluyo selaku National Leader Sales Megacools mengatakan banyak efek negatif jika pakai air kran untuk menggantikan air coolant. "Salah satu masalahnya itu endapan yang dihasilkan dari air kran. Air kran itu mengandung mineral, makanya bisa menimbulkan endapan," ujar Wito kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Wito menjelaskan jika endapan terus dibiarkan akan menimbulkan pendinginan jadi tidak maksimal. "Lama-kelamaan kalau dibiarkan aliran di radiator akan tersumbat dan menggangu kinerja radiator," ucap Wito.

Begini Efeknya Jika Radiator Diisi Pakai Air Kran

   Baca Juga: Jangan Asal! Begini Cara Merawat Bagasi di Motor

Tak hanya menimbulkan endapan, air kran juga bisa menyebabkan karat di bagian radiator dan water pump. "Karat bisa terjadi tak hanya di radiator, water pump juga. Kalau sudah karat, kipas water pump bisa rusak," jelasnya.

Jika kipas water pump rusak dan tidak berfungsi, maka efeknya mesin bisa overheat. "Kalau mesin overheat, mesin bisa macet dan banyak komponen yang rusak," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.