Jangan Asal! Begini Cara Merawat Bagasi di Motor

Jangan Asal! Begini Cara Merawat Bagasi di Motor
Rabu, 29 Maret 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Saat ini fitur bagasi menjadi bagian penting yang wajib ada di sepeda motor, khususnya skutik. Fitur tersebut sangat fungsional karena memudahkan pengendara ketika ingin membawa barang bawaan seperti belanjaan, makanan, dan lainnya.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan kegunaan utama dari bagasi yang berada di bawah jok motor adalah sebagai sarana untuk menyimpan helm, sarung tangan, topi, tas, kacamata atau perangkat berkendara lainnya supaya lebih aman ketika ditinggalkan saat parkir.

   Baca Juga: Cukup Semprot, Bersihkan Kotoran Mesin dan Bodi Bisa Pakai Cairan Ini

"Namun, karena letaknya yang tertutup dan berada di bawah jok, area ini seringkali luput dari perhatian. Padahal bagasi di bawah jok sepeda motor juga harus dijaga kebersihannya, baik itu dari kotoran atau mungkin barang lainnya yang tersimpan lama di dalamnya," ujar Ade Rohman.

Tips Merawat Bagasi Motor

Sama seperti bagian motor lainnya, bagasi di bawah jok juga harus dicuci sampai bersih. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci bagian ini.

Ketika mencuci motor, banyak yang membiarkan air menggenang memenuhi wadah bagasi. Hal ini jangan dilakukan karena ketika air tersebut dikuras, akan turun ke bagian mesin. Dikhawatirkan airnya bisa mengenai bagian kelistrikan, seperti soket, kabel, busi, injector, dan lain-lain.

"Apalagi beberapa varian sepeda motor ada yang memiliki fitur power charger yang letaknya berada di dalam bagasi, dan komponen tersebut harus terhindar dari benda cair untuk menghindari kerusakan seperti korsleting dan lainnya," jelasnya.

Tips Merawat Bagasi Motor

Saat mencuci gunakan air dan sabun secukupnya, dan jangan sampai masuk ke dalam bagian tangki yang biasanya terletak di samping bagasi. Kemudian, jangan lupa untuk menjaganya tetap kering, bersihkan dengan lap kering atau chamois.

Ketika motor ditinggalkan saat parkir, sangat disarankan untuk tidak menyimpan gadget serta remote smart key system di bagasi di bawah jok motor demi keamanan dan terhindar dari aksi pencurian.

   Baca Juga: Ingin Rasakan Fungsi Aditif Oli? Lakukan Hal Ini!

Selain itu, barang yang disimpan di bagasi sebaiknya disesuaikan dengan kapasitasnya. Karena apabila berlebihan akan mengganjal jok, sehingga susah untuk dikunci dan jok melenting ke atas.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.