Berkenalan dengan Fitur Immobilizer di Motor, Apa Fungsinya?

Berkenalan dengan Fitur Immobilizer di Motor, Apa Fungsinya?
Kamis, 29 Juni 2023 18:45
Nabiel Giebran El Ri

Para pemilik motor biasanya cukup khawatir kalau motornya sedang diparkir di lokasi yang cukup rawan dan tidak bisa terpantau secara langsung. Apalagi kalau motornya belum dibekali dengan sistem keamanan yang mumpuni. Salah satu fitur yang penting diaplikasi pada motor adalah immobilizer.

Fitur yang biasanya sering ditemukan di kendaraan roda 4 ini ternyata sudah diterapkan di beberapa motor. Lantas, bagaimana cara kerja dari immobilizer?

   Baca Juga: Jangan Terlewat! Minyak Rem Motor Wajib Diganti Tiap Kilometer Segini

Biaya Duplikat Kunci Immobilizer di Vespa Matic

"Jadi kunci motor yang sudah memakai immobilizer itu tertanam sebuah chip. Nah, chip itu akan mengirimkan sinyal ke ECU jika sudah ada di jarak tertentu," kata Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor Sukahati.

   Baca Juga: Layanan SIM di Jakarta Tutup 28-29 Juni 2023, Ada Dispensasi Khusus

"Setelah ECU membaca chip di kunci, barulah motor bisa dinyalakan," sambungnya. Secara sederhana, mesin motor enggak akan hidup jika dipaksa dinyalakan memakai kunci duplikat, bahkan kunci T yang kerap digunakan para maling untuk beraksi.

"Karena kalau dibobol kan pasti bukan pakai kunci aslinya, jadi enggak ada chip-nya. Otomatis ECU enggak menerima sinyal dan motor enggak mau nyala," ucap Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.