Biar Tangan Terhindar Penyakit, Ini Tips Bersihkan Hand Grip Motor

Biar Tangan Terhindar Penyakit, Ini Tips Bersihkan Hand Grip Motor
Minggu, 1 Januari 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu komponen penting pada motor tapi sering diabaikan ialah karet hand grip. Hand grip sering kali dibiarkan dalam kondisi kotor serta tak jarang menimbulkan kerak jamur. Wajar saja, karena berbahan karet, kotoran mudah menempel dan menumpuk di bagian yang sering terkena tangan.

Namun, penyebab hand grip cepat kotor pun bermacam-macam. Bisa karena cuaca atau juga motor jarang digunakan dan lama disimpan di tempat kotor serta lembab.

   Baca Juga: Busi Palsu Kian Marak, Begini Strategi NGK Indonesia

Tips Bersihkan Handgrip

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan hand grip yang berjamur dan berkerak tentu saja bisa menjadi sarang kuman. Hal tersebut juga bisa berpotensi menjadi salah satu penyebab penyakit.

Karena, hand grip sepeda motor adalah bagian yang sering bersentuhan dengan telapak tangan ketika dipakai berkendara. Apalagi hand grip motor sudah kotor, bahkan beberapa di antaranya sampai berkerak dan berjamur. Namun, jika masih dalam kondisi baik dan berfungsi, terutama di bagian gas atau throttle, solusinya cukup dibersihkan saja.

Tips Bersihkan Handgrip

Pertama Anda bisa cuci terlebih dahulu, kemudian disarankan membersihkan memakai cairan khusus atau cairan pencuci piring untuk membersihkan karet. "Teteskan cairan pembersih tersebut, ke bagian yang kotor dan bersihkan menggunakan sikat, terutama jika bagian bawah yang sering kali berkerak," ujar Ade.

   Baca Juga: Biar Tidak Cepat Rusak, Ini Tips Pakai Power Charger di Motor

Langkah selanjutnya bilas menggunakan air hangat sampai kotoran dan kerak di bagian hand grip bersih. Terakhir, gunakan lap kain atau chamois bersih untuk mengeringkananya agar hand grip motor kembali bersih dan terbebas dari kotoran.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.