Boleh Enggak Sih, Isi Radiator Motor Pakai Air Mineral?

Boleh Enggak Sih, Isi Radiator Motor Pakai Air Mineral?
Kamis, 22 Juni 2023 16:40
Nabiel Giebran El Ri

Buat motor yang sudah memakai sistem pendingin cairan, pemiliknya wajib mengecek kondisi air radiator pada tabung reservoir secara berkala. Bila air sampai kurang, motor berisiko overheat dan ujung-ujungnya bisa mogok. Nah, kalau air radiator kurang, harus segera ditambah.

Masalahnya, kalau kondisi tersebut terjadi saat Anda sedang berkendara cukup jauh dan sulit menemukan bengkel untuk menambah air radiator, boleh enggak sih memakai air mineral?

   Baca Juga: Tips Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman

“Kalau memang keadaannya memaksa dan sangat darurat, enggak apa-apa menggunakan air mineral. Tapi begitu menemui bengkel, sebaiknya langsung dikuras dan diganti dengan coolant lagi," buka Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor, Sukahati.

Perlukah Kuras Air Radiator Motor

"Sebenarnya tidak disarankan menggunakan air mineral, karena pada air mineral itu mengandung garam yang dapat membuat karat di radiator. Yang dikhawatirkan, akan ada sedikit karat pada bagian sirip-sirip atau kisi radiator," tambahnya.

   Baca Juga: Viral Motor Terbakar Saat Isi BBM Akibat Digoyangkan, Ini Kata Pertamina

Jika timbul karat, maka hal tersebut bisa mengganggu kinerja sistem pendinginan. "Dan itu yang akan membuat sirkulasi air pendinginnya jadi tersumbat dan mampet. Hasilnya temperatur motor cepat panas dan overheat," pungkas Indra.

Jadi kesimpulannya, dalam keadaan darurat atau kepepet, boleh saja menggunakan air mineral untuk mengisi radiator. Tapi ketika ketemu bengkel, langsung segera dikuras air mineralnya dan diganti dengan cairan coolant.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.