Tips Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman

Tips Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman
Minggu, 18 Juni 2023 06:00
Nabiel Giebran El Ri

Punya jok yang bersih dan mengkilap dalam waktu lama menjadi salah satu keinginan bagi para pemilik motor. Akan tetapi, terkadang pemilik kendaraan sering lupa untuk memperhatikan dan merawat joknya. Sehingga, warna jok motor jadi memudar dan tidak jarang juga ada beberapa bagian yang rusak.

Jok motor punya peran yang sangat krusial untuk menunjang kenyamanan saat berkendara. Saat ini, jok motor punya beberapa jenis bahan yang digunakan seperti kulit sintetis serta kulit asli atau calp spon. Semua bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

   Baca Juga: Dukung Energi Terbarukan, Pertamina Bakal Hadirkan BBM Jenis Baru

"Untuk melakukan perawatan jok motor agar lebih awet dan tidak mudah rusak ada beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan," ujar Andri dari MJ Racing Seat di Cibinong, Bogor saat ditemui OtoRider.

Menurutnya, kebiasaan yang harus diperhatikan dan ditinggalkan tersebut antara lain sebagai berikut.

Mengatur Muatan Jok Motor

Jika Anda sering membawa muatan di jok motor, Anda harus mulai lebih memperhatikan barang yang dibawa agar jok motor tidak cepat rusak. Bila terpaksa harus mengangkut benda-benda yang punya tekstur kasar atau tajam, alangkah baiknya bagian jok motor dilapisi dengan kardus yang sedikit tebal atau plastik. Hal ini dilakukan guna menghindari jok motor tertusuk dan akhirnya berlubang.

Jok All New Yamaha NMax 2020 Modif ala XMax

Perhatikan Saat Parkir Motor

Pemilik kendaraan seringkali mengabaikan lokasi parkir motor di tempat yang benar. Umumnya, pemilik malah memarkirkan motor di tempat panas, atau terkadang terpaksa membiarkan motor kepanasan karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung dapat berakibat buruk pada motor, bukan hanya pada jok motornya saja. Akan tetapi, juga pada cat motornya yang semakin lama akan menjadi lebih cepat pudar serta berubah kusam. 

Jika memang sangat terpaksa harus parkir di tempat panas dalam waktu lama, Anda bisa mengakalinya dengan menutupi motor menggunakan cover yang banyak dijual di pasaran.

   Baca Juga: Bosch Indonesia Catat Penjualan Rp 2 Triliun, Sektor Otomotif Terbesar

Mencuci Jok Motor Secara Rutin

Untuk mencuci jok motor akan lebih baik kalau memakai bahan pembersih atau shampo khusus, supaya lebih mengkilap. Jangan lupa untuk menggunakan lap yang bersih dan lembut. Jangan coba-coba gunakan sikat yang kasar, karena itu dapat merusak tekstur jok motor.

Selain itu, jangan memakai semir ban untuk menyemir jok motor. Karena, itu justru akan membuat kondisi jok motor memburuk. Gunakanlah semir khusus untuk jok motor jika ingin membuatnya lebih mengkilap.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.