Bolehkah Bodi Motor yang Baru Repaint Dicuci Pakai Sabun?

Bolehkah Bodi Motor yang Baru Repaint Dicuci Pakai Sabun?
Kamis, 26 Januari 2023 14:35
Ruslan Abdul Gani

Supaya bodi motor kembali terlihat kinclong biasanya bisa dengan melakukan pengecatan ulang atau repaint. Usai repaint, timbul pertanyaan apakah boleh mencuci motor menggunakan sabun?

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat motor menjelaskan setelah repaint bodi motor boleh saja melakukan pencucian. "Boleh saja cuci bodi pakai sabun yang habis repaint, asalkan kondisinya sudah benar-benar kering," ujar Junistian saat ditemui OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Proses Repaint Body Motor di Bengkel Spesialis, Ada 11 Tahapan

Repaint Body Motor

Menurut Junistian, selama pengecatan dilakukan tidak perlu khawatir kondisi cat baru akan cepat pudar. "Jadi kalau mengecatnya dengan benar, kemudian mengeringkannya benar, saya rasa tidak akan ada masalah mau langsung dicuci setelah proses repaint selasai," ucap Junistian.

Junistian menambahkan biasanya setelah melakukan finishing clear atau pernis, bodi yang baru di-repaint dilakukan pencucian. "Setelah clear kering didiamkan selama 3-4 hari bodi yang baru di-repaint juga diamplas lalu dicuci untuk lanjut ke tahap pemolesan, jadi motor yang habis di-repaint di tempat kami boleh saja langsung dicuci apabila kotor," jelasnya.

Repaint Body Motor

   Baca juga: Tips Memilih Bengkel untuk Membangun Motor Bergaya Supermoto

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah proses repaint body motor itu ialah coating. "Yang tidak boleh itu coating kalau baru selesai repaint, minimal boleh dilakukan sekitar 2-3 minggu setelah repaint. Cairan coating itu kan keras sifatnya mengikat, jadi dikhawatirkan cat yang baru belum terlalu keras sehingga tidak mampu menahan dan malah akan rusak," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.