Cara Deteksi Kampas Rem Tromol dan Cakram Motor Matic yang Aus

Cara Deteksi Kampas Rem Tromol dan Cakram Motor Matic yang Aus
Selasa, 11 Juli 2023 15:00
Nabiel Giebran El Ri

Rem merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada motor. Bila performanya menurun, tentu berisiko menganggu kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Apalagi, buat motor matic yang tidak memiliki engine brake.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, tentunya Anda harus rajin mengecek sistem pengereman. Komponen pengereman yang harus dicek antara lain adalah bagian kampas.

   Baca Juga: Info Harga Baru KLX150, CRF150L, dan WR 155R per Juli 2023

Keausan kampas rem bisa Anda ketahui dari beberapa tanda. Lantas, apa saja tanda-tanda kampas rem pada motor matic yang sudah habis atau aus?

Budi selaku Service Advisor Kuda Mas Motor, Bojong Gede memberikan penjelasan. Menurutnya, pada rem cakram bisa dikenali dari bunyi atau suara yang dihasilkan ketika rem dipakai.

“Kalau terdengar suara ‘sreekk’, itu dihasilkan karena adanya gesekan langsung antara logam besi discbrake dengan besi kampas rem,” kata Budi.

Kampas Rem Bunyi Berdecit

Masih pada rem cakram, tanda kedua bisa Anda lihat dari kapasitas minyak rem. “Kapasitas minyak rem tentunya akan berkurang kalau kampas sudah habis. Itu bisa dilihat dari lubang kaca yang ada di master rem,” ujar Budi.

   Baca Juga: Cek Komponen Ini Sebelum Ganti Aki Motor yang Drop!

Tanda ketiga, bisa dengan cara mengecek langsung kondisi kampas rem melalui kalipernya. “Lihat kondisi kampas rem di kalipernya, pasti sudah tinggal besi,” beber Budi.

Sedangkan pada rem tipe tromol, untuk mengetahui kampas yang telah habis caranya lebih mudah lagi. “Rem tromol lebih gampang. Kalau handle rem ditekan terasa sudah dalam dan setelan tuas rem yang ada di tromol sudah mentok, tandanya habis,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.