Cegah Karat dan Korosi, Begini Cara Merawat Knalpot Motor

Cegah Karat dan Korosi, Begini Cara Merawat Knalpot Motor
Kamis, 11 Mei 2023 14:50
Ruslan Abdul Gani

Knalpot merupakan salah satu komponen penting yang ada di mesin motor. Pasalnya, pada sistem mesin bakar mengeluarkan sisa hasil pembakaran yang perlu dikeluarkan melalui knalpot.

Selain itu, knalpot juga punya banyak fungsi di mesin, mulai dari meredam suara bising ruang bakar, mengurangi kadar emisi gas buang berbahaya, melepaskan panas hingga menurunkan tekanan gas buang. Maka dari itu, knalpot juga perlu dirawat supaya kondisi mesin tetap dalam keadaan prima. 

   Baca Juga: Tak Perlu ke Bengkel, Lakukan 2 Hal Ini Agar Kondisi Motor Tetap Prima

Lantas, bagaimana cara merawat knalpot supaya tidak cepat rusak?

Cara Rawat Knalpot Motor

Berikut Wahana Honda memberikan beberapa tips merawat knalpot:

Cuci Setelah Hujan

Setelah hujan segera bersihkan bagian luar knalpot. Air hujan yang mengering pada motor bisa menyebabkan kerak dan berisiko menimbulkan karat. Perawatan knalpot motor setelah terkena air hujan bisa dilakukan dengan menyiram knalpot memakai air bersih, kemudian mengeringkannya. 

Pastikan knalpot sudah dalam keadaan dingin jika ingin dibersihkan. Hal ini untuk menghindari tangan melepuh terkena knalpot panas. Setelah itu, semprotkan cairan anti karat untuk mencegah timbulnya karat.

Selalu Panaskan Mesin Secukupnya

Memanaskan mesin dapat membuat motor terjaga dan dalam kondisi yang optimal. Cara ini cukup efektif jika digunakan pada motor 4-Tak agar knalpotnya tidak cepat menguning atau berkarat karena terpapar panas dari mesin.

Kenali Bahan Knalpot

Ada yang terbuat dari bahan chrome dan gampang tergores. Cara membersihkan knalpot dari bahan ini bisa dilakukan dengan lembut agar tidak menggores. 

Bersihkan Lubang Buang

Bersihkan lubang buang pada silencer dengan oli dan oleskan secukupnya. Cara ini bisa dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali. Pembersihan lubang buang bisa mencegah knalpot mengalami kebocoran. Kebocoran knalpot dapat menyebabkan timbul suara buruk, motor tidak bertenaga, dan dampak lainnya adalah tidak ramah lingkungan.

Oleskan Oli pada Leher Knalpot

Oleskan oli bersih secara merata. Langkah ini bisa Anda lakukan jika bagian pipa knalpot telah dibersihkan. Jika selesai mengoleskan oli pada leher knalpot, hidupkan mesin selama dua menit. Oli tersebut akan terserap dan leher knalpot menjadi lebih bersih dengan mengelupasnya oli yang dipanaskan tersebut.

Cara Rawat Knalpot Motor

   Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Periksa Beberapa Bagian Ini Sebelum Motor Dipakai

Membersihkan Korosi

Jika korosi terjadi pada knalpot, bersihkan dengan sikat gigi yang diolesi detergen. Sikat pada bagian yang berkarat atau bagian kotor. Kemudian bilas dengan air. Jika noda membandel, gunakan sikat kawat untuk mempermudah membersihkannya.

Pakai Pembersih Porselen

Jika membersihkan kotoran pada knalpot dengan menggunakan sikat serta detergen tidak efektif, bisa gunakan cairan pembersih porselen seperti Porstex. Namun, Anda harus tetap berhati-hati bila memakai cairan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.