Ciri Rotor Sensor di Maxi Yamaha Alami Masalah, Sudah Tahu?

Ciri Rotor Sensor di Maxi Yamaha Alami Masalah, Sudah Tahu?

 

Saat ini beberapa motor terbaru sudah dibekali dengan panel speedometer digital. Di antaranya adalah jajaran produk Maxi Yamaha series seperti NMax, Lexi, Aerox, dan XMAX. 

Kinerja speedometer digital didukung oleh beberapa komponen, salah satunya rotor sensor di area roda. Bentuknya berupa pelat melingkar dan bolong-bolong kecil menempel di pelek. Rotor sensor ini selain berfungsi sebagai sensor ABS, juga berguna sebagai pembaca kecepatan motor saat berjalan.

   Baca Juga: Tips Perawatan Speedometer Digital Motor, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Ganti Piringan di Sistem Rem ABS

Jadi, meski non-ABS biasanya di area roda tetap terdapat rotor sensor ini. Layaknya komponen lain, rotor sensor juga bisa mengalami kerusakan. Lantas, apa cirinya?

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat mengatakan ciri rotor sensor yang rusak itu ada beberapa tanda. "Pertama, biasanya ditandai dengan indikator Traction Control (TC) atau ABS yang menyala terus. Bisa salah satunya saja atau keduanya juga menyala," ujar Budiman kepada OtoRider.

Ciri Rotor Sensor di Maxi Yamaha Timbul Masalah

Kemudian, jika kondisinya sudah cukup parah, speedometer menunjukan angka yang salah atau tidak sesuai dengan kecepatan motor ketika berjalan. "Angkanya berjalan tapi lambat, padahal motor sudah dipacu dengan kencang. Kadang juga pernah terjadi hanya di angka 0 sepanjang motor digunakan," ucap Budiman.

   Baca Juga: Tips Mengecek Kelayakan Kondisi Ban Motor, Lakukan 2 Hal ini!

Jadi, cirinya jika motor Anda mengalami beberapa kendala yang dijelaskan di atas, bisa jadi ada masalah pada rotor sensor.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id