Ciri Sistem Rem ABS Motor Mengalami Kerusakan, Sudah Tahu?

Ciri Sistem Rem ABS Motor Mengalami Kerusakan, Sudah Tahu?
Senin, 9 Januari 2023 14:00
Ruslan Abdul Gani

Saat ini sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) sudah diaplikasikan di berbagai jenis motor. Seiring pemakaian, ternyata fitur ABS juga bisa mengalami masalah kerusakan. 

Fitur yang menunjang keselamatan ini cukup berarti bagi pengguna motor, terutama pada kondisi jalan basah atau licin. Perawatan berkala pun diperlukan agar fitur ini tetap bekerja dengan optimal. Lantas, bagaimana ciri rem ABS jika sudah mengalami masalah atau kerusakan?

   Baca Juga: Benarkah Tidak Boleh Bersihkan Komponen CVT Motor Pakai Bensin?

Speedometer Konsumsi bahan bakar all new nmax

Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat menjelaskan salah satu ciri sistem rem ABS mengalami masalah bisa dilihat dari lampu indikatornya. "Lihat lampu indikator ABS yang ada di speedometer. Kalau lampu indikator ABS terus menyala, dipastikan ada masalah," ujar Budiman kepada OtoRider.

Jika dalam kondisi normal, lampu indikator ABS akan mati ketika motor sudah dipakai melaju melewati kecepatan 10 km/jam. "Normalnya lampu indikator tidak akan terus menyala, cuma pas awal motor di-start saja," ucap Budiman.

Merawat Sistem Rem ABS

Selain itu, kerusakan komponen ABS juga bisa menyebabkan indikator kecepatan berkendara menjadi error atau bermasalah. "Pembacaan kecepatan motor di speedometer juga bisa ngaco, misal kita sudah kencang tapi angkanya menunjukkan masih jalan pelan," jelasnya.

   Baca Juga: 2 Cara Mudah Deteksi Bearing Pulley Belakang CVT Rusak di Motor Matic

Tak hanya itu saja, motor yang sistem ABS-nya bermasalah juga bisa menyebabkan tarikan motor jadi brebet. "Bisa bikin motor brebet juga, soalnya sensor dari sistem ABS semua terkoneksi ke ECU sebagai sumber kelistrikan," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.